SELAYANG PANDANG RR. SUPRAPTI KATIDJO

Nama lengkap Rr. Suprapti Katidjo, Lahir di Karisidenan Besuki Situbondo pada tanggal 12 April 1950, dalam kesehariannya biasa dipanggil dengan nama Bu Prapti. Dengan memulai pendidikan di Sekolah Rakyat yang lulus pada tahun 1962, dan lulus pendidikan SMPN Kalianget Tahun 1965.

SELAYANG PANDANG RR. SUPRAPTI KATIDJO

SEBAGAI SEORANG PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT

Nama lengkap Rr. Suprapti Katidjo, Lahir di Karisidenan Besuki Situbondo pada tanggal 12 April 1950, dalam kesehariannya biasa dipanggil dengan nama Bu Prapti. Dengan memulai pendidikan di Sekolah Rakyat yang lulus pada tahun 1962, dan lulus pendidikan SMPN Kalianget Tahun 1965. Pada Tahun 1967 menikah dengan seorang anggota TNI AD yang bernama KATIDJO dan dikaruniai 4 (empat) orang anak, 3 laki-laki dan 1 orang perempuan. Saat ini berdomisili di Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Gang 28 No. 03 Desa Randuagung Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik.

Pada awalnya saya mengenal kegiatan sosial saat saya tergabung dalam organisasi istri TNI (PERSIT). Ketika suami saya pensiun saya kembali ke Desa Randuagung Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik (tempat kelahiran) dan disinilah saya terpanggil untuk mulai merintis berbagai kegiatan sosial. Atas panggilan jiwa sosial saya mulai bergabung dengan PSM di Desa Randuagung pada tahun 1974.

Pertama kali saya ditawari oleh kepala Desa Randuagung untuk mengikuti pelatihan dasar PSM pada tahun 1980 yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Meski saya harus meninggalkan keluarga untuk kegiatan tersebut, saya sangat bersemangat mengikuti pelatihan tersebut guna menambah wawasan saya tentang kegiatan sosial. Pelatihan tersebut berlanjut dengan pelatihan PSM lanjutan dan pelatihan PSM pemantapan pada tahun 1994.

Setelah pelatihan tersebut saya memanfaatkan ilmu yang telah saya peroleh dengan mencoba menginventarisir dan menganalisa beberapa permasalahan sosial yang ada di Kabupaten Gresik bersama teman-teman PSM Desa Randuagung. Setelah melakukan inventarisir dan menganalisa PMKS yang ada, saya mencoba untuk melakukan pendekatan dan sosialisasi tentang permasalahan sosial dan penanganannya kepada ibu-ibu Jama?ah Yasin dan Tahlil yang ada di Desa Randuagung. Alhamdulilah gayung bersambut Ibu-Ibu Jama?ah Yasin tersebut sangat antusias kegiatan sosial tersebut, dengan mengadakan iuran sosial rutin.

Dari pendekatan tersebut ternyata hasilnya cukup signifikan karena kami mampu memberikan beasiswa pada anak Yatim Piatu dan keluarga Tidak Mampu sebanyak 15 anak SD, uang yang dinamakan JIMPITAN GEBOKAN. Kegiatan penyantunan anak yatim berlanjut sampai sekarang.

Kegiatan perdana tersebut semakin menambah semangat dan kepercayaan kami bahwa tidak ada sesuatu yang mustahil untuk dilakukan, apalagi upaya untuk melakukan tugas yang sangat mulia yaitu Upaya Penanganan masalaha PMKS. Saya sadar bahwa penggalian PSKS tidaklah mudah, membutuhkan pendekatan dan sosialisasi yang bersifat terus menerus untuk menumbuhkan sayap lagi pada Ibu-Ibu PKK dengan memperkenalkan beberapa pekerjaan sosial, ternyata sambutan dari Ibu-Ibu PKK sangat baik dan mendukung kegiatan PSM. Berawal dari PKK di Desa Randuagung, kami mencoba untuk menjangkau desa-desa yang ada di Kabupaten Gresik.

Hasil dari beberapa pendekatan yang dilakukan akhirnya banyak PSM yang bisa kami tangani, diantaranya :

1.Santunan yatim piatu

2.Santunan pada penyandang cacat

3.Santunan korban bencana alam

4.Pemberdayaan keluarga miskin

5.Pendampingan LPP (Lembaga Pemberdayaan Perempuan) pada wanita rawan sosial ekonomi

6.Pendampingan terhadap lanjut usia produktif

7.Pendampingan KUBE (Kelompok Usaha Bersama)

Keberhasilan tersebut kami rasakan sebagai bagian dari perjuangan, karena moto yang kami tanamkan adalah ?KEHIDUPAN AKAN BAHAGIA APABILA BISA MEMBAWA MANFAAT BAGI SESAMA?

Berbagai upaya yang telah kami lakukan akhirnya saya berhasil meraih juara 1 PSM teladan di tingkat Provinsi Jawa Timur pada tahun 1996 dan Juara II PSM Teladan Tingkat Nasional. Dari berbagai penghargaan tersebut kami dipercaya untuk memimpin FK-PSM Kabupaten Gresik pada tahun 2004. Bahkan ketika pada tahun 2008 kami bermaksud untuk mengundurkan diri dikarenakan usia namun teman-teman memilih saya kembali untuk kepengurusan sampai tahun 2013 karena kredibilitas dan komitmen dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

FK-PSM Kabupaten Gresik periode 2008-2013 adalah bentuk dari Regenerasi, dengan melakukan terobosan-terobosan baru dan memperluas jaringan. Kami mencoba untuk melakukan sinergitas program pada semua lintas sektoral yang ada bahkan CSR pada perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik. Kami dan seluruh pengurus FK-PSM saling bahu membahu melakukan penyelenggaraan sosial yang ada di Kabupaten Gresik.

Pada bulan Desember tahun 2010 kami menerima PENGHARGAAN SATYA LENCANA KEBAKTIAN SOSIAL dari PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, pada tahun yang sama pula salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Gresik (PT. Petrokimia Gresik) mengundang kami untuk melakukan sinergi program CSR (Corporate Social Responsibility) di Kabupaten Gresik. Alhamdulillah Puji Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT perjuangan kami ternyata tidak sia-sia.

Sinergi program CSR yang dipercayakan PT. Petrokimia Gresik pada kami antara lain :

  1. Pemetaan PMKS di wilayah ring IA (Kelurahan Lumpur, Kelurahan Tlogo Pojok Kecamatan Gresik dan Desa Roomo) yang kami lakukan pada bulan Oktober 2010.
  2. Pembinaan dan pelatihan wanita rawan sosial ekonomi dan pengangguran kami laksanakan pada 31 Januari 2011.
  3. Pemberian modal usaha untuk wanita rawan sosial ekonomi dan lansia produktif kami lakukan pada bulan 02 Februari 2011.
  4. Pemetaan wilayah untuk pelatihan ketrampilan kulit perca yang kami laksanakan pada bulan Maret s/d April 2011.

Banyak harapan yang masih banyak lagi yang kami impikan dan angankan, yaitu sinergitas dalam penyelenggaraan kegiatan sosial antara semua pihak atau seluruh PSKS (Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial) baik PSM, Pemerintah, Dunia Usaha, LSM, Perguruan Tinggi, Ormas dan masih banyak lagi. Insya Allah dengan bersatunya semua pihak, harapan kita semua dapat terwujud. Amin amin yarobbalallamin.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama: Rr. Suprapti Katidjo

Tempat/tanggal lahir: Situbondo/ 12 April 1950

Status : Menikah

Agama: Islam

?Pendidikan ;

  1. Sekolah Rakyat Gadis Tahun 1956 ? 1962
  2. SMPTahun 1962 ? 1965

?Pengalaman Organisasi ;

  1. 1974 ? 1985; Pengurus PERSIT KARTIKA CANDRA KIRANA Yonif 514 KOSTRAD BONDOWOSO
  2. 1985 ? 1991; Pengurus PERSIT KARTIKA CANDRA KIRANA KODIM 0817 KabupatenGresik
  3. 1985 ? sekarang; Kader PKK Desa Randuagung
  4. 1985 ? 2000; Ketua PKK RW 02 Desa Randuagung Kecamatan Kebomas Gresik.
  5. 1985 ?2007; Ketua Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ) Desa Randuagung Kec. Kebomas Gresik.
  6. 1999- sekarang: Ketua Persatuan Istri Purnawirawan ABRI Kabupaten Gresik
  7. 2004 ? sekarang: Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Gresik
  8. 2004 ? 2007: Ketua Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat ( FK PSM ) Kab. Gresik PeriodeI
  9. 2005 ? sekarang: Pengurus Primer Koperasi Purnawirawan ABRI ( PRIMKOPPABRI ) Kab. Gresik
  10. 2006 ? sekarang:Pengurus Himpunan Wanita PekerjaRumahan Indonesia ( HWPRI ) Prop. Jawa Timur
  11. 2006 ? sekarang:KetuaHimpunan Wanita PekerjaRumahan Indonesia ( HWPRI ) Kabupaten Gresik
  12. 2007 ? sekarang:Pengurus Dewan Harian 45 Kabupaten Gresik
  13. 2007 ? sekarang:PengurusPusat Koperasi Purnawirawan ABRI (PUSKOPPABRI ) Propinsi Jawa Timur
  14. 2008 ? sekarang:Ketua Forum Komunikasi Pekerja SosialMasyarakat ( FK PSM ) Kabupaten Gresik Periode II

?Penghargaan:

  1. 1996:PSM teladan Propinsi Jawa Timur Juara I
  2. 1996:PSM Teladan Nasional Juara II
  3. 2002:Kader Berprestasi dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraankeluarga (PKK) Kabupaten Gresik
  4. 2003:Kader TIM Penggerak PKK Yang Telah Mengabdikan Diri Selama 18Tahun dalam Menuju Keluarga Sejahtera
  5. 2008:Juara II Lomba Kader PKK Desa / Kelurahan Berprestasi Tahun 2008 dari TIM Penggerak PKK Kabupaten Gresik.
Beri rating artikel ini!
Tag:

Tinggalkan Balasan