BK3S || BK3S JATIM || BKKKS || BKKKS JATIM || SOSIAL
Berita Kronik

Peringatan Hari Lansia 2014

IMG_7223Yayasan BK3S Jatim bersama sama dengan BKKKS Prov. Jatim dan di dukung oleh masyarakat peduli lansia menyelenggarakan bersama Peringatan Hari Lansia Nasional (HALUNAS) tahun 2014 bertempat di gedung Yayasan BK3S Jatim.

Rangkaian kegiatan HALUNAS dimulai sejak tanggal 20 Mei 2014 dengan menyelenggarakan seminar tentang kesehatan dengan materi terkait kanker serviks dan Payudara. Sosialisasi kanker serviks dan Payudara yang dijadikan topik pilihan karena pada saat ini banyak yang terkena kanker serviks dan Payudara. Pada saat ini yang diserang bukan hanya perempuan remaja tetapi semua perempuan baik yang remaja, berkeluarga atau pun yang sudah lanjut pun bisa terkena. Mendengar nama penyakit ini saja kita semua sudah takut, maka pilihan sosialisasi kanker merupakan pilihan utama, karena pada HALUNAS tahun lalu sudah dibahas masalah penyakit degeneratif dan masalah penyakit dan masalah gizi bagi lansia. Dr. Ananto Sidohutomo, Mars dan menjelaskan tentang kanker serviks dan Dr. Etty menjelaskan tentang kanker Payudara.Dalam sosialisasi ini dipandu oleh Ibu Udji Aisyah, yang merupakan dosen Fisip Universitas Airlangga dengan dihadiri peserta sejumlah 150 orang termasuk pengurus BKKKS Prov. Jatim dan Yayasan BK3S Jatim. Acara dimulai jam 08.00 pagi s/d jam 11.30 siang.

Sebagai puncak acara HALUNAS dilaksanakan tanggal 25 Mei 2014 dengan dihadiri kurang lebih 1300 orang lansia dari beberapa organisasi, paguyuban, punawirawan/perkumpulan para lanjut Usia di Surabaya seperti Karang Werdha, Tat Twan Asi perkumpulan lansia dari dokter Hewan, Panti Sosial lansia.

Rangkaian acara pada puncak peringatan HALUNAS yaitu jalan sehat bagi lansia dengan jarak tempuh + 3 Km mulai dari Gedung BK3S s/d ujung Universitas Ubaya mutar balik kembali ke Gedung BK3S, acara jalan sehat didahului senam ringan pemanasan selama + 5 menit yang dipandu oleh Bapak Djumadi Ramelan, SH. Kemudian diteruskan dengan pemberangkatan jalan sehat dengan pemberangkatan rombongan pertama oleh Bapak Asisten Kesra Pervinsi Jawa Timur, dilanjutkan rombongan kedua oleh Dinas Sosial Provinsi, rombongan ketiga Ketua Umum BKKKS Prov, Jatim dan yang terakhir oleh Ketua Umum yayasan BK3S Jatim Bapak Drs. Soeroso. Kurang lebih satu jam rombongan mulai berdatangan masuk halaman, rombongan istirahat setelah menyerahkan karcis door price, sambil menikmati sarapan pagi yang disiapkan oleh panitia dan + jam.08.00 pagi peserta semua sudah berkumpul di halaman BK3S sambil menunggu undian dorr price.

Telah disediakan hadiah utama berupa alat elektronik dan door price bermacam hadiah. Hadiah disiapkan oleh panitia sejumlah + 300 dengan hadiah utama sebanyak 11 buah. Sembari menunggu pengumuman door price disajikan acara panggung hiburan yang cukup meriah dan para lansia cukup terhibur, karena para lansia saling tegur sapa, saling bercengkraman merasa senang, hari ini adalah hari nya para lansia walaupun hanya satu kali satu tahun diselenggarakan tetapi cukup memberi semangat dan bahagia tersendiri.

Selanjutnya bagi lansia yang masih ada waktu dipersilahkan meninjau acara yang diselenggarakan didalam gedung yaitu acara : bazar yang diikuti oleh 12 stand /orang lansia baik perorangan maupun kelompok, bazar oleh perusahaan seperti Viva Cosmetic, Batik Madura, Makanan, hasil kerajinan, Penjualan barang/pakaian layak pakai cukup ramai.

Didalam gedung utama dilaksanakan lomba vocal group dengan juara I dari Paguyuban Siakom Kejeran, Juara II dari Paguyuban Ceria,Rewin Waru, JuaraIII dari Paguyuban Kenari,Taman Indah,Tandes dan tarian dari anak anak disable Karya Mulya.

Sedangkan di ruang Out door ada lomba Senam dengan Juara I dari Paguyuban KJS Gayungsari, Juara II dari Paguyuban Bina Usia Magersari, Juara OII dari Paguyuban Masjid Al-Akbar

Diruang kantor sebelah Barat diselenggarakan periksa kesehatan gratis dengan penanggung jawab dr. Budi Rahardjo MS dan dr. Etty Melanie. Pemeriksaan kesehatan antara lain penyakit Degeneratif yaitu tensi, diabet, cholestrol, ostioporosis, pemeriksaan penyakit dalam lainnya, Pembagian obat dan Vitamin. Pemeriksaan kesehatan

Jumlah dokter yang memeriksa yaitu : Dari klinik BK3S Jatim 3 orang dokter, Dari R.S.U.D dr. Soetomo bagian Giatri 7 orang dokter, dokter dari berbagai specialis Paru, specialis penyakit dalam, specialis Neurobion, specialis Jiwa, spesialis Jantung dan spesialis Mata, Tim Kesehatan Viva Generik dua (2) orang dokter Umum dan enam(6) orang Apoteker, Tim Kesehatan Baz Jatim satu (1) dokter Umum, dan dua (2) orang Perawat dan dua (2) Orang Petugas obat dan tiga (3) orang petugas Administrasi, Merc (Neurobion) mengadakan pemeriksaan Syaraf, Bantuan dua (2) orang dari Sekolah Keperawatan. Jumlah yang berobat keseluruhan berjumlah 281 orang. Seluruh rangkaian acara HALUNAS selesai jam12.00 wib dengan diakhiri dengan menyanyi bersama.

Related posts

BK3S Jatim Bangun Pendidikan Karakter Generasi Muda

admin01

Talk Show di JJFM

admin01

MEMAKNAI KEMBALI KEBANGKITAN NASIONAL

bk3s
buka chat
Butuh bantuan?
hi kakak
Ada yang bisa kami bantu?