PASIEN KAKI GAJAH

Pasien Kaki Gajah

Dalam rangka membantu penyandang masalah sosial di daerah, BKKKS Jawa Timur telah banyak merintis kerjasama dengan KKKS di Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Pada tahun 2007 BKKKS Jawa Timur bekerjasama dengan KKKS Kabupaten Bondowoso telah memperjuangkan seorang penderita penyakit kaki gajah yang bernama Ibu G. Essu agar mendapatkan penangan dan pelayanan kesehatan yang memadai. Penderita tersebut berasal dari Bondowoso yang selama ini telah berusaha untuk mendapat perawatan kesehatan , namun tidak berhasil. Pada tanggal 01 Maret 2007 penderita diantarkan langsung oleh pengurus BKKKS Jatim Bapak Rachmat Samsudin SH ke RSUD. Dr.Soetomo untuk kontrol kesehatan dan mencari informasi tentang kemungkinan mendapatkan perawatan lebih lanjut. Ternyata upaya untuk mendapatkan kamar dalam rangka pelaksanaan operasi menghadapai kesulitan. Andaikan sekedar berserah diri kepada nasib maka antrian untuk mendapatkan perawatan operasi berada pada urutan diatas nomor 200.

Namun dengan berbagai upaya dengan memanfaatkan jejaring kerja yang ada yang dibarengi dengan kesigapan para pengurus BKKKS Jawa Timur, akhirnya perjuangan memperoleh kamar operasi berbuah manis. Setelah melalui beberapa proses administrasi dan uji kelayakan operasi akhirnya pada tanggal 7 Maret 2007 operasi tahap pertama berhasil dilakukan. Adapun operasi pertama pada bagian kaki dibawah lutut yang dinilai tim dokter harus dioperasi terlebih dahulu. Operasi tersebut dilakukan dengan mengambil daging dibagian kaki bawah yang telah terinfeksi dan kemudian luka ditutup dengan mengambil kulit dari kaki sebelah yang sehat. Setelah beberapa hari pasien mendapatkan perawatan pasca operasi kemudian pasien diperbolehkan pulang. Selanjutnya pada tanggal 5 April 2007 pasien kembali ke RSUD. Dr. Soetomo untuk melakukan beberapa kali kontrol. Setelah beberapa hari mendapatkan rawat inap akhirnya tim dokter memutuskan bahwa dengan mempertimbangkan kendala waktu dan domisili pasien yang cukup jauh, pasien diperbolehkan untuk melakukan kontrol di rumah sakit terdekat di Bondowoso. Apabila usaha untuk memperoleh kamar berjalan lancar maka operasi tahap selanjutnya akan dilaksanakan 6 bulan setelah operasi pertama.

Dalam penanganan penyakit kaki gajah Ibu G Essu ini selain melakukan perjuangan untuk mendapatkan kamar operasi, BKKKS Jawa Timur juga memberikan bantuan berbagai kebutuhan yang diperlukan selama dirawat di rumah sakit serta santunan biaya hidup selama di Surabaya. BKKKS Jawa Timur berharap agar setelah pasien kembali ke Bondowoso, KKKS Kabupaten Bondowoso dapat memberikan bantuan baik dalam bentuk fasilitas perawatan maupun pemenuhan kebutuhan hidup lainnya. Dengan demikian operasi yang telah dilakukan dapat mencapai hasil yang maksimal untuk menunjang persiapan operasi selanjutnya yang mempersyaratkan kondisi kesehatan yang baik dari sang pasien.

Beri rating artikel ini!
PASIEN KAKI GAJAH,5 / 5 ( 1voting )

2 Respon

  1. author

    karnos10 tahun ago

    saya punya saudara, yang saat ini mempunyai sakit gatal dan kadang bengkak dikaki. dibawa berobat kemana saja sudah bingung harus kemana..
    dia tinggal di perum. batalyon 514 bondowoso
    Namanya saudari Ningsih istri dari saudara Maryono
    no. HPnya 085655837658
    DEMI ALLAH, TOLONG BANTU SAUDARA SAYA ITU..

    Balas
  2. author

    Redaksi10 tahun ago

    Pada prinsipnya kami dari Yayasan dan Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Jawa Timur dengan segala keterbatasan yang ada berusaha membantu penderita penyakit kaki gajah seperti yang dialami oleh Bu Ningsih. Namun sebagai langkah pertama diharapkan saudara menghubungi Ketua Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Kabupaten Bondowoso (yg biasanya dijabat oleh Istri bupati). Kemudian dalam pemnanganan/pemberian bantuan selanjutnya antara KKKS Bondowoso akan berkoordinasi dan bekerja sama dengan BKKKS Jawa Timur. Demikian untuk menjadikan maklum. (Redaksi)

    Balas

Tinggalkan Balasan