BK3S || BK3S JATIM || BKKKS || BKKKS JATIM || SOSIAL
Berita Kronik

RUMAH SAKIT KUSTA SUMBER GLAGAH MOJOKERTO DAN PERANANNYA

Adalah kegiatan rutin, jika Pengurus dan relawan sosial BKKKS Provinsi Jawa Timur mencari informasi dan berkomunikasi untuk berjaringan dengan berbagai instansi Pemerintah dan Swasta dalam rangka pelayanan sosial terhadap penyandang masalah sosial. Pada tahun 2011 dan 2012 ini BKKKS Provinsi Jawa Timur mengidentifikasi kebutuhan akan kaki dan tangan buatan (palsu) dari penyandang disable sejak lahir, karena penyakit maupun karena kecelakaan.

Salah satu informasi yang sampai di BKKKS Provinsi Jawa Timur adalah bahwa di Rumah Sakit Kusta Sumber Glagah Mojokerto Jawa Timur ada pelayanan prothesa. Berangkatlah Pengurus dan relawan BKKKS Provinsi Jawa Timur dipimpin langsung oleh Ketua Umum Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE menuju Rumah Sakit Kusta tersebut yang beralamat di dusun Sumberglagah Desa Tanjung Kenongo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Rumah Sakit ini sudah berumur 60 tahun , didirikan tanggal 29 November 1952. Gedung yang luasnya 2400,16 m2 cukup megah dengan suasana cat yang cerah dan meriah di atas tanah seluas 19.000 m2.

Rombongan BKKKS Provinsi Jawa Timur diterima dengan hangat dan ramah oleh Kepala Rumah Sakit dr. Nanang Koesnartedjo beserta stafnya di ruangan pertemuan yang menyenangkan. Dimulai dengan menjelaskan landasan operasional Rumah Sakit yaitu                     1) Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. HK.07.06/III/249/2008 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Rumah Sakit Khusus. 2) Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Medis DEPKES RI no.HK.03.05/III/1758/08 tentang Izin Melaksanakan Pelayanan Umum di Rumah Sakit Khusus. 3) Peraturan Gubernur Jawa Timur nomor 118, tanggal 25 Agustus 2008 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 4) Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/529/KPTS/013/2009, tanggal 23 Desember 2009, Tentang Penetapan 9 (sembilan) Unit Pelaksana Tehnis pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai Rumah Sakit khusus dan mendapat izin untuk pelayanan umum.

Rumah Sakit ini mempunyai 13 jenis pelayanan masing-masing  : gawat darurat, rawat jalan, rawat inap, laboratorium klinik, kamar operasi, farmasi, gizi, rehabilitasi medik & akupunktur,  radiologi, rekam medis, IPS RS, laundry dan prothese. Untuk melaksanakan kegiatan ini dipekerjakan 169 personel dan 57 orang di antaranya non PNS, Profesi, dari tenaga tersebut adalah 10 orang dokter, 1 orang sarjana keperawatan, 1 orang apoteker, 1 orang sarjana kesehatan gigi, rekam medis, anesthesia, analis kesehatan, gizi, fisioterapi, radiologi, MARS, ortotik, prostetik, Sarjana Hukum dan Srajana Ekonomi/Akuntansi serta tenaga-tenaga lainnya. Rumah Sakit ini dibantu oleh 16 orang Dokter Konsultan Ahli yang punya komitmen tinggi pada pasien kusta yaitu spesialis-spesialis : penyakit syaraf, penyakit dalam, jantung pembuluh darah, rehab medic, spesialis, bedah mulut, bedah plastic, bedah orthopedic, bedah urology, obsetri genecology, kulit dan kelamin, anasthesi, spesialis radiologi, head & neak, bedah anak, bedah oncology dan bedah recontruksi kusta.

Sumber daya lansia Rumah Sakit ini berada dalam system learning and group untuk meningkatkan aspek-aspek  knowledge skill, perilaku dan komitmen melalui jalur pendidikan, berbagai diklat dan job training di dalam dan di luar Rumah Sakit Glagah.

Rumah Sakit Sumber Glagah merupakan asset Pemerinyah Provinsi Jawa Timur dan menjadi rujukan kusta Indonesia Timur di bidang promotive, preventive, kurative dan rehabilitative penyakit kusta. Peran yang sangat berari diantaranya produksi prothese. Untuk Provinsi Jawa Timur tahun 2009 sebanyak 363 prothese, kegiatan survey kebutuhan dan harapan masyarakat dan penderita kusta pelayanan rumah sakit khusus Sumber Glagah dan deteksi mycrobactorium lepra dengan sesologi sarologi sasaran 2456 anak di sekolah di kepulauan Raas tahun 2009 dan 2010.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Setyaningsih mewanti-wanti bahwa Indonesia berada di peringkat 3 (tiga) dunia sebagai Negara utama penyandang kasus baru kusta setelah  India dan Brasil. Penularan penyakit infeksi bakteri itu yang bisa membuat cacat penderitanya, karena dapat merusak kulit, syaraf, mata dan organ tubuh lainnya. Selain itu kusta juga kembali melanda Negara-negara di Asia Tenggara. Menteri Kesehatan meminta seluruh jajaran Kementerian Kesehatan dan jajaran Pemerintah terkait, bersama organisasi profesi kesehatan, LSM serta unsur masyarakat lainnya bekerja dan berfikir keras untuk mengatasi berbagai hambatan dan tantangan dalam mengendalikan penyakit ini (sumber Viva News Senin, 27 Februari 2012)

Dalam rangka meningkatkan darma bhakti Rumah Sakit Kusta Sumber Glagah menghadapi 3 (tiga) masalah yaitu : (1) Jalan yang menuju Rumah Sakit yang sempit dan transportasi umum belum ada, (2) Kesulitan dalam administrasi dan birokrasi, (3) Produksi prothese tangan dan kaki di Rumah Sakit Sumber Glagah bertaraf internasional dan masyarakat di Jawa Timur banyak yang membutuhkan, tetapi sampai saat ini pemanfaatan produksi tersebut masih rendah oleh masyarakat dikarenakan birokrasi rumah sakit dengan Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur. Mudah-mudahan cepat terselesaikan.

 Drs. Machdar Somadisastra *)

*) Relawan Sosial.      

Related posts

JUICE DAUN PAPAYA SEBAGAI OBAT DB

bk3s

PELATIHAN PENYANDANG CACAT

bk3s

PELATIHAN TATA RIAS BAGI DISABILITAS

admin01