BK3S || BK3S JATIM || BKKKS || BKKKS JATIM || SOSIAL
Berita

BAKTI SOSIAL PERINGATAN HARI LANSIA NASIONAL 2008

Prakata : BKKKS Propinsi Jawa Timur telah memperingati Hari Lanjut Usia Nasional dengan mengadakan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis dan pemberian sembako dengan target + 250 orang lansia yang difokuskan di Kelurahan Bangkingan pada hari minggu, tanggal 01 Juni 2008.

Sejak diterbitkannya lahirnya Undang-Undang RI Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, sudah cukup banyak usaha yang dilaksanakan baik Pemerintah, organisasi pemerhati lansia, masyarakat dan lansia sendiri serta tumbuh dan berkembangnya organisasi lansia seperti perkumpulan Gerontologi Indonesia, Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia (LKLU) yang kemudian berubah menjadi Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI), perhimpunan para pensiunan pegawai negeri sipil, pensiunan tentara, polisi dll. yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lansia.

Akan tetapi usaha-usaha tersebut belum dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi lansia. Oleh karena itu diperlukan usaha yang berkesinambungan untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha-usaha kesejahteraan sosial bagi lanjut usia. Di sisi lain usaha tersebut diharapkan dapat memberi semangat kepada para lansia untuk mengembangkan sikap hidup sehat tetap aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan dan mengurangi ketergantungannya kepada orang lain.

Oleh sebab itu BKKKS Propinsi Jawa Timur telah memperingati hari lanjut usia nasional dengan mengadakan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis dan pemberian sembako dengan target + 250 orang lansia. Acara pada tahun ini difokuskan di Kelurahan Bangkingan pada hari minggu, tanggal 01 Juni 2008 pukul 06.00 sampai 12.00.

Adapun dasar pelaksanaan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional yaitu :

  1. Undang ? Undang RI No. 6 Tahun 1974 tentang Ketentuan?Ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial.
  2. Undang ? Undang RI No. 13 Tahun 1998 dan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2004 mengenai Kesejahteraan Lanjut Usia.
  3. Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur No. 5 Tahun 2007 tentang kesejahteraan lansia.
  4. Peraturan Gubernur Propinsi Jawa Timur No. 6 Tahun 2008 tentang kesejahteraan lansia.
  5. Anjuran Bapak Gubernur Jawa Timur dalam memperingati HALUNAS di Jawa Timur.
  6. Program Kerja BKKKS Jawa Timur di bidang Peningkatan Kesejahteraan Lansia di Jawa Timur.
  7. Hasil pembicaraan (audiensi) Pengurus BKKKS Jawa Timur dengan Bapak Lurah Bangkingan pada tanggal 08 Mei 2008.

Dalam kesempatan itu pula menurut Ketua I BKKKS Propinsi Jawa Timur Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukaidi, SE menyampaikan bahwa Hari lansia bukan lagi suatu peringatan karena diseluruh dunia termasuk Indonesia harapan hidup maikin panjang, jadi orang tua makin banyak, oleh karena itu kita harus bersiap-siap mengantisipasi bagaimana penduduk indonesia yang jumlah lanjut usia semakin banyak dengan tingkat kesehatan yang makin lama makin menurun, oleh karena itu lewat acara ini salah satunya diadakan acara senam supaya para lansia memperhatikan kesehatan, bagaimana para lansia bisa hidup tetep sehat, tetap produktif, bisa mandiri dan hal ini yang harus ditanamkan pada seluruh bangsa Indonesia.

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah Mendukung Program Pemerintah dalam rangka mewujudkan Lansia yang sehat, sejahtera dan bahagia di Jawa Timur, meningkatkan kepedulian Pemerintah, badan-badan swasta dan masyarakat serta keluarga terhadap keberadaan lansia dengan mensosialisasikan Undang ? Undang RI No. 13 Tahun 1998 dan Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2004 mengenai Kesejahteraan Lanjut Usia, meningkatkan komunikasi di antara lansia dari berbagai perhimpunan dan strata, memfasilitasi lansia untuk melaksanakan kegiatan yang menyehatkan, menyegarkan dan menyenangkan serta mengajak berbagai pihak yang berkompeten untuk meningkatkan pelayanan kepada lansia.

Related posts

Keteladan warisan nilai-nilai almarhumah Ibu Grietje Soetopo Van Eybergen

admin01

Workshop Menyusun Program Belajar Efektif dan Produktif Bagi Penyandang Autisme Untuk Orang Tua, Terapis dan Guru Pendamping

admin01

Musyawarah Lima Tahunan BKKKS Provinsi Jawa Timur

admin01