KUNJUNGAN KERJA DI K3S KOTA DAN KABUPATEN BLITAR

BKKKS Jawa Timur sebagai suatu badan koordinasi ditingkat propinsi, senantiasa berusaha mengoptimalkan kinerjanya. Agenda utama yang belum berhasil tergarap adalah revitalisasi jejaring Usaha Kesejahteraan Sosial di seluruh Jawa Timur yang menjangkau KKKS pada tingkat Kota dan Kabupaten. Dalam peningkatakan jejaring tersebut, BKKKS Jawa Timur telah melakukan berbagai macam cara agar tali silahtuarrahim dan kerjasama antara BKKKS dan K3S yang dimasa masa lampau sudah ada dapat terjalin kembali. Hal ini dilakukan dengan selalu mengundang K3S tingkat Kota dan Kabupaten apabila BKKKS menmyelenggarakan kegiatan pada tingkat provinsi atau berkunjung memenuhi undangan KKKS yang sedang melaksanakan kegiatan pada tingkat Kota/Kabupaten.. Namun pada kenyataannya antusiasme sebagian besar K3S untuk ikut,mendukung dan secara aktip terlibat dalam kegiatan BKKKS, Jatim belum menggembirakan. Oleh sebab itu dalam rangka menganyam jejaring kerja dan mewujudkan sinergi penanganan Usaha Kesejahteraan Sosial di Jawa Timur pada tanggal 06 Juni 2007 sampai 07 Juni 2007 BKKKS melakukan kunjungan kerja selama 2 hari ke K3S Kota dan Kabupaten Blitar.

Kunjungan Ke K3S Kota Blitar

Rombongan dari BKKKS dipimpin langsung oleh Ketua I BKKKS Jawa Timur DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi beserta istri Ny. Hj. Indijati Sukiadi, SH, Ny. Dra. Hj. Ami S Poerwanto, Dra. Hariyati, Dra. Dyah Purnamasari, Drs. Machdar Somadisastra, Drs. Soeroso, Djumadi Ramelan SH dan Rachmad Syamsudin SH. Kunjungan diawali dengan Kota Blitar yang diterima langsung oleh Ketua K3S Kota Blitar. Selama di Blitar rombongan bermalam di Guest House Walikota Blitar. Tanpa direncanakan ternyata pada hari-hari itu bertepatan dengan rangkaian perayaan yang digelar secara tahunan oleh pemerintah kota dan masyarakat Blitar untuk memberikan penghormatan kepada Bapak Bangsa Bung Karno Presiden Pertama dan Prokalamator Kemerdekaan Republik Indonesia. Kebetulan hari itu bertepatan dengan hari lahirnya Bung Karno, pusat dari perayaan hari lahirnya Bung Karno berada di Pelataran Parkiran Makam Bung Karno dengan diadakan pergelaran wayang kulit yang cukup meriah karena menghadirkan tiga orang dalang secara bersama -sama dengan lakon antara lain Rajamala Pralaya. Rombongan yang secara khusus oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Blitar terlebih dahulu diantar pemakaman Bung Karno untuk melakukan ziarah yang dilakukan dengan penuh kesyahduan. Baru kemudian menuju ke tempat pergelaran wayang kulit yang telah dihadiri oleh Wakil Walikota , Jajaran DPRD dan para pejabat kota Blitar. Menjelang pergelaran wayang kulit tersebut Ketua I BKKKS Jawa Timur DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi berkesempatan memberikan sambutan kepada masyarakat Blitar dan sekaligus memperkenalkan dan mengutarakan maksud dan tujuan BKKKS melakukan kunjungan ke Kota Blitar sekaligus memberi gambaran sekilas tentang BKKKS Jawa Timur. Lebih jauh Pak Tjuk mengutarakan tentang pentingnya penghayatan dan pengamalan Pancasila mengingat kondisi bangsa dan negara yang masih memprihatinkan.

Esok harinya pengurus BKKKS Jatim berkesempatan menghadiri Peringatan Hari Anak yang dipusatkan di Aula Kota Blitar pada tanggal 7 Juni 2007. Pada kesempatan itu telah disampaikan bantuan BKKKS Jatim kepada KKKS Kota Blitar sebesar Rp 2.500.000,- Sebelumnya ketika menikmati ? sarapan nasi pecel? bersama, rombongan sempat berbincang-bincang dengan Ketua K3S Kota Blitar dan Sekretaris K3S Kota Blitar Ibu Agus Sularso. Dalam perbincangan itu telah dikemukakan maksud dari kunjungan BKKKS Jatim ke K3S Kota Blitar oleh Bpk. DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi. Ibu Hj Sri Murti Soetardjo Ketua II BKKKS Jawa Timur mengimbau dan menyarankan agar K3S Kota Blitar bersedia ketempatan rapat koordinasi KKKS tingkat Bakorwil Kediri yang akan dilaksanakan oleh BKKKS Jatim. Ketua KKKS Kota Blitar menyatakan kesanggupannya dan menunggu koordinasi lebih lanjut tentang rencana kegiatan ini.

Kunjungan Ke K3S Kabupaten Blitar

Masih dihari yang sama seluruh rombongan BKKKS Jawa Timur melanjutkan kunjungan ke K3S Kabupaten Blitar yang diterima di pendopo Kabupaten Blitar yang bertempat diseberang dari Balai Kota Blitar. Namun sayang tidak bisa bertemu Istri Bupati Blitar (Ketua KKKS Kabupaten Blitar) karena sedang keluar kota. Dalam kunjungan ke K3S Kabupaten Blitar diselenggarakan forum tanya jawab antara pengurus BKKKS Jatim dan pengurus serta anggota K3S Kabupaten Blitar . Dalam dialog tersebut Bpk. DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi selaku Ketua I BKKKS Jawa Timur seperti halnya pembicaraan di K3S Kota Blitar bahwasannya diharapkan antara K3S Kabupaten Blitar dan BKKKS Jawa Timur dapat menjalin lagi jejaring kerja untuk menangai masalah-masalah kegiatan kesejahteraan sosial . Pada kesemptan itu Wakil Ketua K3S Kabupaten Blitar menyampaikan masalah masalah sosial yang ada di Kabupaten Blitar. Salah satu diantaranya yang terpenting adalah belum teratasinya lansia miskin dan terlantar yang cukup banyak di daerah Blitar Selatan. Pengurus KKKS Kabupaten Blitar yang kebetulan seorang kepala dinas mengatakan bahwa jangankan KKKS, pemerintah kabupaten pun tidak mempunyai cukup dana untuk dapat menanggulangi masalah ini. Dana kesos hanya cukup untuk membantu fakir miskin mengembangkan usaha ekonomi produktif sehingga untuk pendanaan pemberian santunan lansia terlantar diharapkan dapat dibantu oleh BKKKS Jatim. Dalam menanggapi hal tersebut BKKKS Jawa Timur menyatakan bahwa jumlah dana yang cukup besar dan merupakan pengeluaran ruti setiap tahun tersebut diluar kemampuannya untuk dapat membantu. Akan tetapi BKKKS Jatim berjanji akan membantu mencarikan donor di tingkat nasional yang mempunyai kemampuan dan kepedulian untuk membantu. Untuk itu perlu dilakukan survei lapangan guna mendapatkan data yang lebih tepat sehingga dapat disusun proposal yang lebih baik .

Beri rating artikel ini!

Tinggalkan Balasan