BK3S || BK3S JATIM || BKKKS || BKKKS JATIM || SOSIAL
Berita Kronik

KUNJUNGAN KERJA LKKS PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dibidang koordinasi dan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial serta untuk belajar yang berkaitan dengan Program Sehat Lansia Sejahtera, Pengurus Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Jawa Timur dengan rombongan sebanyak 10 orang telah melaksanakan kunjungan kerja ke BKKKS Jawa Timur. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis, 23 Januari 2020.

Rombongan dari LKKS Provinsi Kalimantan Timur tersebut diterima langsung oleh jajaran Pengurus BKKKS Jawa Timur, anggota kelompok kerja BKKKS Jawa Timur dan Pengurus Yayasan BK3S Jawa Timur serta Komda Lansia Provinsi Jawa Timur di Gedung Yayasan BK3S Jawa Timur, Jl. Raya Tenggilis GG 10 Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut Ibu DR. Pinky Saptandari W. MA (Ketua Umum BKKKS Jawa Timur) menyampaikan sangat bahagia LKKS Provinsi Kalimantan Timur berkenan hadir ke BKKKS Jawa Timur, selain itu juga menyampaikan Program Kerja dan mengenalkan Pengurus BKKKS Jawa Timur dan Yayasan BK3S Jawa Timur.

Selanjutnya Bapak Drs. Agus Sudarsamsi selaku Wakil Ketua dan Ketua Komda Lansia LKKS Kaltim menyampaikan bahwa rombongan terdiri dari unsur LKKS dan Komda Lansia Kalimantan Timur. Tujuan kunjungan kerja adalah untuk silahturahmi dengan pengurus BKKKS Jawa Timur dan komda lansia Provinsi Jawa Timur, serta untuk belajar di BKKKS Jawa Timur yang berkaitan dengan pengelolaan kegiatan. Sebagai bahan informasi di Kalimantan Timur dari 10 Kabupaten/Kota sudah terbentuk LKKS sebanyak 5 Kabupaten/Kota. Program Kerja LKKS Kalimantan Timur adalah  berusaha menumbuhkan LKKS Kabupaten/Kota serta koordinasi dan melakukan pelatihan manajemen panti-panti swasta, sumberdana LKKS Kalimantan Timur dari Pemerintah dan CSR. Melalui program CSR dari dunia usaha eks tambang kegiatan diarahkan untuk memanfaatkan lubang lubang tambang yang digunakan untuk tambak ikan dan telah terbentuk desa mandiri dengan usaha peternakan dan perkebunan.

Dalam kesempatan tersebut Bapak DR. Edi Purwinarto, M. Si. (Ketua Pelaksana Harian KOMDA Lansia Provinsi Jawa Timur) menyampaikan bahwa Kebijakan Pemerintah untuk lansia adalah pemberdayaan. Komda Lansia Provinsi Jawa Timur menggunakan model Pengurus Harian selain Pengurus Komda lansia agar tidak ada kemandekan program dan organisasi. Tupoksi Komda Lansia yaitu memberikan saran, masukan dan pertimbangan kepada Kepala Daerah tentang penetapan kebijakan kelanjut usiaan serta mengkoordinasikan kebijakan kelanjutusiaan dengan lembaga terkait. Garapan komda lansia sejak 2017 dan setelah dilakukan evaluasi Undang – Undang tentang lansia yang belum signifikan untuk pemberdayaan lansia, maka lahirlah Peraturan Menteri Sosial No. 04 tahun 2017 tentang pedoman kawasan ramah lanjut usia dan telah masuk dalam program Gubernur Provinsi Jawa Timur. Struktur Komda Lansia tidak sampai desa dan kelurahan, maka setiap tahun ada pertemuan karang werdha dengan pesan agar mengerakan anggotanya untuk menuju hidup sehat.

Kegiatan dilanjutkan kunjungan ke Lansia Binaan Tribuana Tungga Dewi di Kelurahan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya dan Kelompok Lansia di Kelurahan Gundih Kota Surabaya.

Related posts

PENDIDIKAN INDONESIA YANG SEMAKIN TIDAK KOMPETITIF

bk3s

MUDAHNYA MERAIH SURGA

bk3s

UNIT PELAYANAN SOSIAL KELILING (UPSK) LANJUT USIA

bk3s