SEMINAR KESEHATAN “SEHAT ITU BAHAGIA

Kesehatan adalah salah satu anugerah yang terindah untuk kita dan menjaga kesehatan merupakan tanggung jawab yang sangat penting, tetapi karena banyaknya aktifitas membuat kita sering lupa kalau kesehatan merupakan salah satu kunci semangat hidup. Keluhan keluhan kecil akan menjadi besar kalau di abaikan, namun dengan berkembangnya tehnologi, kita bisa dengan cepat  mendapat pertolongan misalnya dengan konsultasi dokter langganan keluarga, bisa juga dengan menghubungu Rumah Sakit atau klinik dengan cepat.

Berlatar belakang hal tersebut BKKKS Jawa Timur bersama Yayasan BK3S Jawa Timur bekerjasama dengan Halodoc menggelar Seminar Kesehatan dengan tema “Sehat Itu Bahagia” yang diselenggarakan di Gedung Yayasan BK3S Jawa Timur, Jl. Raya Tenggilis GG 10 Surabaya pada hari Rabu, 29 Januari 2020 mulai pukul 07.30 – 12.00 wib. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 200 orang dari perorangan maupun organisasi sosial.

Dalam kegiatan tersebut Ibu Nuniek Silalahi, M.Pd. sebagai salah satu narasumber menyampaikan tentang Self Hiling, yaitu upaya penyembuhan dari kita sendiri, beliau menjelaskan bahwa sebenarnya kesehatan yang hakiki bisa diperoleh dari tiga elemen yakni dari makanan 5%, olahraga 5%, dan sisanya 90% dari pikiran kita sendiri. Beliau mengajarkan kepada peserta bagaimana cara mengendalikan pikiran agar mampu hidup sehat. Karena semua organ tubuh bisa dikendalikan oleh pikiran kita. Cara mengendalikan pikiran tersebut adalah harus banyak berlatih. Karena setiap manusia punya pikiran sadar dan bawah sadar. Contoh paling gampang dari pikiran sadar adalah melakukan aktivitas sehari-hari, sementar pikiran bawah sadar, dimana 97% mempengaruhi segala aktivitas kita, dan nyatanya masih banyak orang yang belum bisa mengelolanyanya. Demikian juga dengan tubuh ini, jika semua masukan seperti yang kita lihat, dengar, dan rasakan diterima tanpa di pilah-pilah, akan menimbulkan penyakit. Maka dengan mengendalikan pikiran ini, akan memperoleh kesembuhan. Ia juga berpesan kepada masyarakat khususnya yang hadir dalam seminar ini bahwa sehat itu bahagia dan tidak ada gizi terbaik selain bahagia. Jika kita memandang semua orang mempunyai keistimewaan, atau memandang semua peristiwa yang terjadi sebagai pelajaran, dari situlah kita akan bahagia dan bahagia membuat kita sehat.

Sedangkan narasumber lainnya Ibu dr. Andriani Sugiantoro dari Garima Yoga Surabaya menyampaikan terapi yoga yaitu metode yoga untuk menyembuhkan penyakit. Beliau memberikan keyakinan kuat bahwa setiap orang bisa menjadi dokter bagi dirinya sendiri. Dokter yang baik bukan berarti yang mampu dalam bidang pengobatan, tetapi yang bisa mencegah penyakit datang melalui penerapan gaya hidup sehat. Yoga mencakup semua yang dibutuhkan untuk gaya hidup sehat tersebut. Selain itu beliau juga memandu latihan yoga di kursi (Chair Yoga) sebagai alternatif bentuk latihan yoga terapi yang bisa dilakukan dengan mudah saat kita sedang santai duduk di rumah, di kantor, di pesawat, misalnya, karena hanya membutuhkan sebuah Kursi. Gerakan-gerakannya sederhana, namun sangat efektif menjaga kesehatan dan kebugaran sehari-hari. Latihan ini memperbaiki sirkulasi tungkai-kaki, lengan-tangan, kepala dan otak, memperbaiki gerak tubuh yang kaku, juga membantu penyembuhan dan mengatasi problem kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut tim dari halodoc juga menyampaikan materi yaitu cara praktis menggunakan jasa kesehatan yang cukup membantu dengan online system.

Ibu DR. Pinky Saptandari (Ketua Umum BKKKS Jawa Timur) dalam sambutannya  menyampaikan bahwa Bahagia itu Sehat, karena kesehatan bukan hanya kesehatan fisik, tapi jasmani, rohani, mental dan sosial, jadi kalau kita bahagia Insya Allah sehat. Acara ini sangat penting karena hari hari ini yang penting adalah sehat, kebiasaan sehat harus dibudayakan agar semua lingkungan keluarga dan masyarakat sehat dan bahagia.   

Beri rating artikel ini!
Tag:

Tinggalkan Balasan