Atlet SOIna Jawa Timur Sabet 7 Emas, 8 Perak, dan 4 Perunggu

DSC_5646Beberapa pengurus dan pokja Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Prov. Jatim berserta sponsor menyempatkan diri untuk menjemput kedatangan Atlet Jawa Timur di Bandara Juanda Sidoarjo, Jumat ( 27/6/2014). 19 atlet beserta 5 pelatih tersebut baru saja bertanding di Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) VII Special Olimpics Indonesia (SOIna) 2014, di kota Makassar, Prov. Sulawesi Selatan yang digelar pada tanggal 21 – 27 Juni 2014.

Keberhasilan membawa pulang 7 medali emas, 8 perak, dan 4 perunggu ini juga disambut haru serta bahagia oleh seluruh pengurus dan jajaran beserta para sponsor di lobby kantor BKKKS Prov. Jatim pada malam harinya.

Ungkapan haru dan bahagia diungkapkan oleh Ketua Umum BKKKS Prov. Jatim Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE saat memberikan sambutannya. “Kami sangat terharu, bukan karena kesedihan, tapi karena kebahagiaan dan kebanggaan sangat mendalam atas keberhasilan yang diikuti dengan segala kendala dan keterbatasan “,ujarnya.

Bapak Tjuk menambahkan, hal yang terpenting adalah memberikan kesempatan bagi peserta SOIna untuk berani mencoba sesuatu yang baru, dari hal itu prestasi akan bisa diraih dan tentunya diikuti dengan doa.

“Biarkanlah kami menang, namun bila kami tidak menang berilah kami keberanian untuk mencoba berlaga disetiap arena khususnya SOIna, dan harapan dari pengalaman ini akan menjadi infestasi dalam kehidupan kelak “, ungkapnya.

Sebanyak 21 Provinsi se Indonesia ikut bersaing untuk menjadi yang terbaik pada Pornas SOIna VII di Makassar, dan ini pertama kali kegiatan tersebut dilakukan di luar pulau Jawa untuk mendapatkan prestasi di tujuh cabang yang diperlombakan.

Cabang tersebut adalah atletik, renang, bulutangkis, sepak bola, basket, tenis meja, dan olah taga bocce. Sedangkan Jawa Timur hanya mengikuti 6 cabang olah raga. Meski tidak mengantarkan atlet SOIna Jatim menjadi juara, perjuangan dan kegigihan mereka tetap harus didukung dari semua pihak, khususnya para orang tua. Karena juara sebenarnya bukanlah target utama.

“Menjadi juara di pornas VII bukanlah target utama yang kita tekankan kepada atlet. Kami lebih memberikan wadah bagi setiap penyandang tuna grahita yang memiliki kemampuannya dibidangnya masing – masing”, kata Ibu Farida Martarina selaku Ketua Pengurus Daerah SOIna Jawa Timur.

Ibu Rina menambahkan, semoga dengan dukungan penuh dari orang tua dan semua pihak, kedepannya akan banyak lagi atlet yang bergabung dan berlaga di ajang Pornas. Karena nantinya para atlet yang berprestasi di Pornas SOIna akan dikirim sebagaiwakil Indonesia dikejuaraan Special Olimpic World Summer Games di Los Angeles (LA) pada 2015 mendatang.

SOIna merupakan organisasi yang tergabung dalam Special Olympic International (SOI) dengan kegiatan utama adalah menyelenggarakan pelatihan dan turnamen olah raga sepanjang tahun bagi atlet tuna grahita.

SOIna juga memberikan kesempatan bagi penyandang tuna grahita untuk menjadi orang yang berguna dan produktif yang diterima dan dihormati masyarakat .(bn)

Data medali dari cabang olahraga :

7 Emas : 3 atletik, 2 renang, 1 tenismeja, 1 sepak bola

8 Perak : 3 atletik, 2 renang, 2 bocce, 1 badminton

4 perunggu : 2 atletik, 2 renang

Tag:

Tinggalkan Balasan