WANITA YANG PUNYA VISI ITU TELAH TIADA!

Pada hari Minggu tanggal 25 Oktober 2009 berita duka menggema dikalangan aktivis Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Jawa Timur dan Yayasan Badan Kerjasama Kegiatan Kesejahteraan Sosial Jawa Timur. Ibu Hj Retno Iskandari binti Iskak tau yang lebih dikenal sebagai Ibu Retno Soelarso telah berpulang di Singapura setelah beberapa lama dirawat disebuah Rumah Sakit disana. Dia memang wanita yang biasa bahkan untuk ukuran istri gubernur bahkan tergolong sederhana. Seorang istri yang bersama sang suami Pak Larso mampu mendemonstrasikan kehidupan yang penuh kasih sayang dan guyub rukun. Bahkan Tuhan Sang Pencipta berkenan memanggil Bu Larso pulang ke Rahmatullah sehari setelah ulang tahun emas perkawinan beliau. Betapa indah dan ghaibnya kehidupan ini.

Dalam stelsel organisasi yang dianut pada saat itu Bu Larso secara ex officio menjabat sebagai Ketua Umum BKKKS Jawa Timur untuk masa bakti tahun 1988- 1993. Tugas utama BKKKS pada zaman itu adalah melakukan berbagai ?terobosan dibidang kegiatan kesejahteraan sosial? untuk menangani masalah-masalah kesejateraan Sosial yang tercecer dan atau belum tersentuh / belum terprogram oleh pemerintah. Pendanaan ?trouble shooting Kesos? ini didapatkan dari dana SDSB yang dikumpulkan oleh Departemen Sosial RI.

Tugas BKKKS di seluruh Indonesia pada masa itu adalah ?menyalurkan? dana yang diterima kepada daerah yang diwakili oleh KKKS yang ketika itu secara ex officio menempatkan para istri bupati dan walikota menjadi ketua. Setiap KKKS akan mengajukan proposal yang memuat obyek masalah kesejahteraan sosial yang akan dijadikan prioritas untuk ditangani. Begitulah cara kerja yang dianggap wajar dan merupakan standar baku. Namun sekitar tahun 1992 Bu Larso ( tentu dengan persetujuan dan dukungan Pak Larso) mendapat inspirasi untuk membangun sebuah sasana serba guna di jl Raya Tenggilis Blok GG no 10 Surabaya dengan menggunakan sebagian dari dana SDSB. Gedung pertemuan itu didirikan diatas tanah yang menjadi milik dari Yayasan BKKKS Jawa Timur yang didirikan oleh Ibu Soenandar Prijosoedarmo dengan tujuan untuk kepentingan mengabdi kepada kegiatan kesejahteraan sosial. Langkah kedua istri gubernur Jawa Timur ini ternyata merupakan sesuatu yang sangat strategis dan apa yang dikerjakan oleh Bu Nandar menjadi dasar pijakan untuk apa yang kemudia dilakukan oleh Bu Retno Sularso.

Begitulah sejarah berdirinya Sasana Tribuwana Tungga Dewi yang kemudian berfungsi serba neka. Sasana tersebut menjadi salah satu sumber pendapatan penting dari Yayasan BKKKS Jawa Timur dan disisi yang lain menjadi pusat kegiatan kesejahteraan sosial yang dilakukan secara bersama sama dengan Orsos dan para penggiat dalam rengkuhan Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Jawa Timur. Sasana yang mengambil nama Maharani Majapahit ini telah tumbuh menjadi ?rumah dari para penyandang masalah kesejahteraan sosial dan para relawan kegiatan kesejahteraan sosial? dan menjadi salah satu kebanggaan Propinsi Jawa Timur . Sebuah kebanggaan yang tidak datang karena kebetulan namun hanya karena adanya aspirasi dan keberaniaan dari Ibu Retno Sularso untuk mengambil keputusan besar untuk ukuran beliau. Jika BK3S Jawa Timur kemudian dianggap yang paling berhasil di Indonesia karena mampu terus berdaya guna dan berhasil guna dalam membantu pemerintah daerah propinsi dan Pemerintah Pusat dengan semangat kemandirian; itu tentu tidak dapat dipisahkan oleh jasa besar Ibu Retno Sularso. Wanita sederhana yang berani mengambil keputusan yang lain dari yang lain. She has done what others didn?t! Sejak hari Senin tanggal 26 Oktober 2009 wanita sederhana yang punya visi ini telah menempati peristirahatan yang terakhir di TPU Karet Jakarta namun jasa besarnya akan terus dikenang selama Yayasan BKKKS Jawa Timur dan Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Jawa Timur mampu terus berbakti dan berkembang menyongsong masa depan dalam mandala perjuangan memerangi masalah masalah kesejahteraan sosial. Selamat Jalan Bu Retno Sularso, semoga Allah SWT menempatkan ibu diharibaanNYA.. Amiin, Surabaya, awal Nopember 2009

Beri rating artikel ini!

Satu Respon

  1. author

    hawaii house for sale by owner9 tahun ago

    After reading this I thought it was very informative. I appreciate you taking the time to put this blog piece together. I once again find myself spending way to much time both reading and commenting. What ever, it was still worth it

    Balas

Tinggalkan Balasan