Kunjungan LKKS Sumatera Barat Dan Pemkot Palu

Dalam rangka study banding Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat dan Posdaya Pemkot Palu Provinsi Sulawesi Tengah ke BKKKS Provinsi Jawa Timur pada tanggal 08 mei 2012 s/d tanggal 10 Mei 2012 telah diadakan kunjungan/peninjauan ke beberapa kegiatan usaha kesejahteraan sosial di Jawa Timur utamanya di Surabaya

Observation Study Tour Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat dan Posdaya Pemkot Palu Provinsi Sulawesi Tengah Di BKKKS Provinsi Jawa Timur

Dalam rangka study banding Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat dan Posdaya Pemkot Palu Provinsi Sulawesi Tengah ke BKKKS Provinsi Jawa Timur pada tanggal 08 mei 2012 s/d tanggal 10 Mei 2012 telah diadakan kunjungan/peninjauan ke beberapa kegiatan usaha kesejahteraan sosial di Jawa Timur utamanya di Surabaya. Tanggal 08 Mei 2012 jamuan makan malam penerimaan tamu, pada acara tersebut diterima oleh Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur.

Sebelum acara dimulai ditampilkan performance tari-tarian dari anak disable yaitu anak tuna runggu wicara dari SLB Karya Mulya Surabaya. Selanjutnya acara dibuka oleh Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE, pada acara sambutan tersebut Ketua Umum menjelaskan tentang Yayasan BK3S Jatim dan Home Care yang akan ditinjau kemudian sambutan dilanjutkan dengan masing-masing Ketua LKKS Sumatera Barat dan Ketua Kader Posdaya Kota Palu, masing-masing memberi informasi tentang kegiatan-kegiatan kesejahteraan sosial dan Posdaya yang sedang dilaksanakan di masing-masing daerahnya. Karena Jawa Timur merupakan Provinsi yang Yayasan BK3S nya sudah berjalan baik dan posdayanya cukup menantang untuk ditinjau, maka DNIKS menganjurkan untuk mengadakan study banding ke Jawa Timur karena program-programnya sudah berjalan lancar bahkan BKKKS bukan hanya Badan tapi sudah berbentuk Yayasan sesuai dengan Undang-Undang Yayasan yang baru tahun 2010. Disamping sudah berbentuk Yayasan, BKKKS Provinsi Jawa Timur mempunyai aset yang cukup baik yang dapat mendatangkan dana untuk membiayai program-program kegiatan dibidang kesejahteraan sosial, bahkan pembiayaan untuk program-program tersebut mandiri tidak mendapat dana/anggaran dari pemerintah kecuali Home Care lansia sebagaian mendapat anggaran dari Kementerian Sosial.

Dalam acara study banding tersebut salah satu yang dilihat selain Posdaya Margorukun, Kampung Margorukun, Kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan Kota Surabaya juga meninjau Home Care lansia BKKKS Provinsi Jawa Timur di Kelurahan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya. Pada acara kunjungan Home Care lansia di Tenggilis Mejoyo bertempat di 2 wilayah yaitu Tenggilis Mulyo bertempat di RW VI dan Tenggilis Lama & Kauman yang bertempat di rumah singgah belajar anak-anak yang dikelola oleh mahasiswa Unesa. Pada maisng-masing tempat diterima oleh para pendamping Home Care lansia dan dijelaskan oleh para pendamping sendiri, selanjutnya kunjungan diteruskan ke beberapa rumah para lansia, melihat dari dekat kondisi lansia yang dibina.

Pada kesempatan tersebut ditunjukkan beberapa permakanan bagi lansia yang disiapkan oleh para pendamping. Acara kunjungan ke Home Care lansia s/d jam 14.00 siang yang kemudian dilanjutkan ke SLB Karya Mulya Surabaya dan pada malam hari sebagain rombongan mengikuti kegiatan ”SEMANGGI” di TVRI dan sebagai lagi mengikuti jamuan makan malam di BKKKS Provinsi Jawa Timur. (Ibu Ami & Ibu Tjuk).

Beri rating artikel ini!
Tag:

Tinggalkan Balasan