Pelatihan Otomotif Dasar 2 Bagi Disabilitas

DSC_0074BKKKS Prov. Jatim merupakan rumah bagi para disabilitas, hal ini terbukti dengan dilaksanakannya pelatihan otomotif dasar 2 bagi disabilitas pada tanggal 23 November 2014 bertempat di gedung Yayasan BK3S Jawa Timur, Jl. Raya Tenggilis Blok GG No. 10 Surabaya.

Dalam kegiatan yang telah diikuti 30 disabilitas dari wilayah Surabaya dan sekitarnya tersebut merupakan kegiatan lanjutan, karena pada tahun yang lalu juga telah melaksanakan kegiatan yang serupa. Dalam kegiatan ini berlangsung selama sehari penuh dengan penyampaian materi teori dan praktek tentang pengetahuan otomotif dasar khususnya untuk sepeda motor. Para peserta begitu antusias mendengarkan teori yang disampaikan oleh narasumber dari DMI Jawa Timur.

Abdul Syakur selaku anggota Kelompok Kerja Disabilitas BKKKS Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya sekaligus membuka pelatihan tersebut menyampaikan bahwa “Kegiatan pelatihan ini adalah keinginan dari para teman-teman disabilitas dan BKKKS Prov. Jatim telah memfasilitasi, jadi para peserta teman-teman disabilitas harus bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh”.

Pada kegiatan tersebut para peserta tidak hanya dari kaum pria namun ada 1 orang perempuan dari Surabaya yang tak mau kalah untuk menimba pengetahuan tentang otomotif tersebut. Selain teori dan praktek tentang mesin sepeda motor, para peserta juga dibekali pengetahuan dasar tentang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara khususnya bagi disabilitas yang mengendarai motor roda tiga.

Pada saat praktek para peserta ikut mencoba secara bergantian bagaimana mengganti oli sepeda motor secara benar dan mencoba hal-hal lain terkait mesin sepeda motor. Abdul Syakur selaku Ketua Penyelenggara Kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini adalah pembekalan untuk para teman-teman disabilitas tentang otomotif serta diharapkan kedepan apabila peserta sudah mengetahui tentang otomotif dasar dapat dipraktekkan dan tidak perlu apabila ada masalah sedikit dengan sepeda motornya langsung ke tukang servise karena bisa dikerjakan sendiri. (Redaksi)

Beri rating artikel ini!

Tinggalkan Balasan