Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2014

image030Dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2014, BKKKS Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan, kegiatan dimulai dengan pelaksanaan pameran hasil karya disabilitas, pentas seni dari disabilitas dan berbagai macam lomba untuk insan disabilitas. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Surabaya Town Square pada tanggal 03 Desember 2014 dengan peserta berjumlah + 300 orang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para disabilitas untuk unjuk kemampuan dengan berkesenian dan mengapresiasi hasil karyanya. Kegiatan pada tahun ini sengaja diselenggarakan di mall agar kalayak umum mengetahui sejauh mana kiprah para disabilitas dan memberikan bukti bahwa para disabilitas mampu berbuat dan tak kalah dengan masyarakat lainnya.

Masih dalam rangka serangkaian Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), kegiatan dilanjutkan di komplek BKKKS Provinsi Jawa Timur pada tanggal 06 dan 07 Desember 2014. Kegiatan di komplek BKKKS Provinsi Jatim dimulai dengan diadakan seminar pada tanggal 06 Desember 2014 pukul 08.00 – 12.00 dengan sasaran disabilitas sebanyak 100 orang. Tema seminar adalah “Sosialisasi BPJS Kesehatan untuk Insan Disabilitas” yang menghadirkan para ahli di bidangnya. Tujuannya untuk memberikan gambaran pentingnya BPJS Kesehatan khususnya untuk insan disabilitas.

Pada hari yang sama diselenggarakan renungan malam disabilitas yang diikuti oleh 700 disabilitas. Kegiatan tersebut bertujuan agar para disabilitas bisa berkumpul dan sebagai ajang silahturahmi sesama insan disabilitas. Setelah renungan malam para peserta yang berasal dari luar kota juga bermalam di komplek BKKKS Jatim.

Puncak acara HDI diselenggarakan pada tanggal 07 Desember 2014. Para peserta berkumpul di halaman geedung BKKKS Jatim mulai pukul 05.00 dengan mengadakan senam bersama dilanjutkan jalan sehat menempuh rute kurang lebih 3 km diikuti 2000 peserta.

Memasuki finish para peserta makan pagi sambil menyaksikan panggung gembira dilanjutkan dengan penggundian doorprize dan hadiah utama serta kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi 300 peserta, dengan menghadirkan dokter dari RSUD dr. Soetomo, Klinik Pratama Yayasan BK3S Jatim dan Puskesmas Tenggilis Mejoyo. Selain itu juga dilakukan pendataan untuk kebutuhan disabilitas mulai dari prothese, orthese, hearing aid dan kursi roda.

Selain kegiatan diatas, kegiatan lainnya yaitu touring motor roda tiga yang mengikutsertakan kurang lebih 200 motor dengan rute keliling Surabaya. Misi dari kegiatan touring ini adalah mengaktualisasi diri disabilitas dengan menunjukkan bahwasannya mereka bisa berbuat dan berkreasi.

Setelah touring motor disabilitas memasuki finis, para peserta langsung melaksanakan lomba ketangkasan motor roda tiga. Dalam lomba tersebut terlihat peserta dengan penuh antusias dan atraktif bisa menaklukkan medan lomba ketangkasan yang telah disediakan dengan berbagai macam rintangan, hal cukup menarik dari kegiatan tersebut adalah peserta tidak hanya laki-laki, akan tetapi ada pula peserta perempuan yang juga cukup lihai mengikuti kegiatan tersebut. Selain lomba ketangkasan roda tiga juga diselenggarakan lomba Safety ridding motor roda tiga.

Sementara itu yang tak kalah menariknya didalam gedung BKKKS Jatim diselenggarakan pentas seni dari disabilitas dengan berbagai macam jenis tampilan, kegiatan pentas seni tersebut diikuti oleh murid-murid dari SLB dan organisasi disabilitas. Pentas seni tersebut berlangsung sangat atraktif dengan tampilan-tampilan yang menimbulkan kekaguman dari para penonton.

Selain pentas seni, telah diselenggarakan bazar dari berbagai macam hasil karya disabilitas dengan membuka kurang lebih 35 stand. Hasil karya disabilitas tersebut beraneka ragam, ada yang berjualan kerajinan tangan, produk olahan bahkan ada yang membuka pijat. Bazar tersebut merupakan wujud nyata apresiasi hasil karya disabilitas. Selain bazar panitia juga membuka pasar murah yang berisikan barang-barang layak pakai mulai dari baju, tas, sepatu dan lain sebagainya yang berasal dari sumbangan untuk para disabilitas dengan harga murah. Kegiatan yang mengambil tema “Rekayasa Teknologi Tepat Guna untuk Peningkatan Aksesibilitas Disabilitas Nasional” pada tahun ini berlangsung sangat meriah dan harapan para peserta BKKKS Jatim selalu menyelenggarakan kegiatan seperti ini (Redaksi)

Tinggalkan Balasan