PELATIHAN PENYANDANG CACAT

Prakata: Sebagai penggagas utama dari program pelatihan ini maka Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jawa Timur sebagai penyandang dana sepenuhnya. Untuk semuanya telah dikeluarkan dana lebih dari Rp. 30.000.000,-(Tiga Puluh Juta Rupiah)

PELATIHAN PENYANDANG CACAT

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi BKKKS Jawa Timur khususnya dalam meningkatkan kemampuan para penyandang cacat agar dapat mampu hidup sejahtera dan mandiri, baru baru ini telah dilakukan kerja sama dengan salah satu UPT Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur yaitu Panti Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Surabaya. Panti yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan dan rehabilitasi terhadap korban narkoba telah dicoba didayagunakan merehabilitasi penyandang catat tubuh dengan kegiatan pelatihan keterampilan tehnik penjahitan.

Kegitan multi layanan semacam ini dapat dilakukan karena pada kenyataannya UPT-UPT tertentu pendayagunaannya masih belum maksimal sehingga dapat dilakukan kegiatan pembinaan dibidang lain tanpa harus menggangu kegiatan pokoknya. Dalam kaitan tersebut maka dilaksanakan kegiatan pelatihan ketrampilan bagi penyandang cacat (PACA) dengan peserta berjumlah 20 (Dua Puluh) orang. mulai tanggal 30 Agustus sampai dengan 15 November 2007 di Panti Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Surabaya. Sebagai penggagas utama dari program pelatihan ini maka Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jawa Timur sebagai penyandang dana sepenuhnya. Untuk semuanya telah dikeluarkan dana lebih dari Rp. 30.000.000,-(Tiga Puluh Juta Rupiah), Dalam kegiatan itu Panti Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Surabaya bertindak sebagai penyedia fasilitas serta Tiara Handi Craf sebagai pihak penyedia tenaga instruktur dan tempat pemagangan. Dalam perjalanan 1 orang peserta yang berasal dari Surabaya mengundurkan diri dan yang berhasil menyelesaikan pelatihan dengan lengkap sebanyak 19 orang peserta yang kebetulan semuanya berasal dari Malang. Menjelang akhir pelatihan Yayasan Pondok Kasih tertarik untuk ikut memberikan bantuan stimulan bagi para peserta.

Setelah selesai kegiatan pelatihan ketrampilan paca, ada 8 orang yang melanjutkan magang di Tiara Handi Craf selama satu bulan. Sedang yang 11 orang kembali ke Malang dan membentuk kelompok usaha. Pembiayaan magang untuk 8 orang Paca disubsidi oleh Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jawa Timur. Sedang untuk yang usaha mandiri pemberian bantuan akan disampaikan kepada kelompok. Para peserta mengemukakan bahwa mereka merasa puas dengan pelatihan hasil yang mereka terima berharap agar program pelatihan semacam ini dapat terus terlaksana dimasa masa yang akan datang demi peningkatan kemampuan dan ketrampilan para penyandang cacat guna meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran mereka sehingga dapat hidup dalam persamaan di masyarakat.

Beri rating artikel ini!
PELATIHAN PENYANDANG CACAT,5 / 5 ( 1voting )
Tag:

11 Respon

  1. author

    ROY10 tahun ago

    PROGRAMNYA BAGUS BABGET JADI TERHARU

    BUAT PENYANYANDANG CACAT TETAP SEMANGAT,

    OYA KLO KITA MEMBUTUHKAN MEREKA UNTUK MENJADI PENJAHIT GIMANA CARANYA YA????
    BIAR IKUT BERBAGI

    TERIMAKASIH

    Balas
  2. author

    Johan Wasana Tama9 tahun ago

    Wah kegiatan ini bagus sekali. Kebetulan orang tua saya di Surabaya juga seorang penjahit. Dulu ibu saya juga pernah memiliki tiga orang penjahit penyandang cacat polio. Dan menurut saya, justru mereka adalah pekerja keras, pembelajar yang tekun, dan mereka memiliki semangat yang tinggi.

    Balas
  3. author

    merna9 tahun ago

    wah….. sependapat sama teman2…. memang bagus banget ….. nah kegiatan itu harus di pertahankan dan di kembangkan di tiap2 tahunnya…. bukankah orang2 tersebut juga aset negara yang harus di bina sehingga kemampuan dan keahlianya keluar ….
    kl boleh saya tanya kantornya di mana…? harap email saya makasih atas perhatian dan bantuanya…

    Balas
  4. author
    Penulis

    Redaksi9 tahun ago

    To : Merna : Alamat kantor kami adalah Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial jl Raya Tenggilis Blok GG no 10 Surabaya. Insyaallah kami punya komitmen tinggi dalam memperhatikan Kesejateraan Sosial para kawan Penyandang Cacat dalam batas-batas kemampuan yang ada pada lembaga kami dengan dukungan masyarakat. (Redaksi)

    Balas
  5. author

    Widigdo9 tahun ago

    Boleh saya minta nomor telepon kantornya?

    Balas
  6. author

    Riza Ali firki9 tahun ago

    Program kerja yang sangat bagus, jadi pengen bergabung.

    Saya juga seorang penyandang cacat (Folio), saat ini saya berkerja di Perusaan yang bergerak di Teknologi Informasi. sudah dari dulu ada niatan untuk berbagi dengan saudara-saudara sesama penyandang, namun tidak ada media atau sarana untuk berbagi Tentang Dunia Teknologi Informasi. jika BKKKS ada Program kerja peningkatan Kualiatas SDM penyandang cacat di bidang IT, Saya bersedia membantu atau jika di pernankan menjadi peserta.

    Salam Sukses

    Riza

    Balas
  7. author

    achmad jadil maula9 tahun ago

    saya achmad jadil maula.. penyandang cacat dari malang.. sudah berkeluarga dan mempunyai dua anak.saya lulusan sma dan sekarang ini bekerja sbg pedagang roti pake gerobak becak.penghasilan saya sangat pas-pasan.kerja hari ini habis buat makan hari esok.belum tanggungan kost tiap bulan 300 ribu.dan anak sudah waktunya masuk sekolah.dengan ini,saya mohon buat pihak-pihak yg bisa membantu saya beri pekerjaan yg lebih baik.tlg hub di 083835533370

    Balas
  8. author

    achmad jadil maula8 tahun ago

    buat pak riza ali firki.. sekiranya bpk bersedia membantu saya dengan memberikan pelatihan di bidang IT dan mencarikan tempat magang atau tempat bekerja.krn saya sangat tertarik untuk lebih memahami bidang IT.saya juga pernah kerja di warnet dan sedikit banyak mengerti komputer.jadi sekiranya bpk bisa membimbing saya agar lebih ahli dibidang IT dan mendapatkan pekerjaan yg layak.sy akan sgt2 berterimakasih atas bantuannya.mhn hub di 083835533370

    Balas
  9. author

    iwan mahroji8 tahun ago

    wah selamat bagi mereka yang sudah mengikuti pelatihan menjahit,tapi tolong para penyelenggara kegiatan tersebut,jangan cuma pelatihan saja yang di utamakan,tapi juga perlu modal usaha dan juga perlu bimbingan untuk usaha

    Balas
  10. author

    iwan mahroji8 tahun ago

    saya juga adalah penyandang cacat polio sejak umur 1thn,saya iri kenapa saya belum pernah merasakan kegiatan2 dari dinas sosial,padahal sering kali saya berminat untuk mendaftar,tapi kok belum ada jawaban juga???

    Balas
  11. author

    vieta8 tahun ago

    saya seorang ibu,saya mempunyai ank yg pnya cacat fisik.dia ingin sekali belajar n mempunyai keahlian khusus untuk bekal dia nanti ketika saya sdh di panggil THN. karena dia ingin mandiri dan tidak trlalu tergantung sam orng lain.mohon bantuan dri siapa saja yg pnya info n bisa membantu saya supaya anak saya dpt pembinaan yang dia butuhkan

    Balas

Tinggalkan Balasan