PERINGATAN HARI LANJUT USIA NASIONAL TAHUN 2012

Seperti pada tahun-tahun yang lalu BKKKS Provinsi Jawa Timur belum pernah absen untuk menyelenggarakan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (Halunas). Peringatan digelar di Gedung dan Halaman Yayasan BK3S Jawa Timur, Jl. Raya Tenggilis Blok GG No. 10 Surabaya. Tema dari peringatan Halunas tahun 2012 adalah Memelihara Dan Memperkuat Keluarga Dan Masyarakat Demi Kebahagiaan Hidup Lanjut Usia.

Acara Halunas diikuti oleh organisasi lansia maupun perorangan, jumlah yang mengikuti pada acara tersebut sebanyak + 1.500 dengan jumlah 57 karang werdha/paguyuban lansia. Acara puncak dilaksanakan tanggal 26 mei 2012, sebelumnya acara puncak telah digelar juga acara sosialisasi kesehatan dan gizi lansia yang diselenggarakan pada tanggal 09 mei 2012 dengan peserta yang hadir sejumlah + 100 orang peserta dengan pembicara dokter dari Sub Komite Geriatri RSUD. Dr. Soetomo.

Tanggal 26 Mei 2012 diselenggarakan acara puncak dengan dimulai dari laporan dari Ketua Panitia Halunas Ibu Mieke Sri Kristiarini Winarno, SE serta dibuka dengan Sambutan Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara hari lansia ini BKKKS Provinsi Jawa Timur tidak pernah absen dan selalu menyelenggarakan dengan baik bahkan pesertanya setiap tahun bertambah, begitu juga acara-acaranya yang digelar dengan maksud supaya para lansia ikut menikmati hari ulang tahunnya dan bertemu dengan teman sejawat, menambah keakraban antara para lansia. Pada akhir sambutan didengarkan yel-yel “Lansia —– Sehat, BKKKS Provinsi Jawa Timur ——– Luar Biasa.”

Selepas sambutan Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur dilanjutkan dengan senam pemanasan diteruskan jalan sehat yang diberangkatkan oleh Ketua Umum  BKKKS Provinsi Jawa Timur, Ketua Umum Yayasan BK3S Jatim, Ketua Umum IRSI Jatim. Jalan sehat diberangkatkan jam 06.15 dengan jarak tempuh + 3 km (PP) dari halaman Yayasan BK3S Jatim dan peserta mulai masuk halaman kembali sekitar pukul 07.30 dengan menyerahkan kupon hadiah kepada para petugas untuk diundi.

Untuk doorprise panitia menyediakan sebanyak 300 buah dan untuk hadiah utama disediakan 11 buah yaitu : TV LCD 22”, Stereo Auido System, DVD Player, Magic Com 2 L, Stand Fan, Fan Box, Blender, Dispenser, Sandwich Toster, Setrika Listrik, Radio Portable.

Disamping diadakan jalan sehat diadakan juga beberapa perlombaan yaitu : lomba vocal group lansia dengan peserta sebanyak 168 orang  yang melibatkan 19 paguyuban/karang werdha/organisasi lansia, lomba senam lansia bugar dengan peserta sebanyak 119 orang yang melibatkan 16 paguyuban/karang werdha/organisasi lansia. Selain perlombaan juga diadakan bazaar/pasar murah dengan peserta 14 stand yang menjual beraneka macam.

Untuk perlombaaan Panitia menyediakan hadiah sebagai berikut :

  1. Lomba Vocal Group

–       Juara I                         : Rp. 1.500.000           :           Karang Werdha Puskesmas Balongsari

–       Juara II                        : Rp. 1.250.000           :           Karang Werdha Arumdalu

–       Juara III                      : Rp. 1.000.000           :           IIDI Cabang Surabaya

–       Juara Harapan I           : Rp.    750.000           :           Karang Werdha Sapto Raharjo

–       Juara Harapan II         : Rp.    500.000           :           Karang Werdha Gatotkaca

  1. Lomba Senam Lansia Bugar

–       Juara I                         : Rp. 1.500.000           :           Karang Werdha Arumdalu

–       Juara II                        : Rp. 1.250.000           :           Karang Werdha Sapto Raharjo

–       Juara III                      : Rp. 1.000.000           :           Karang Werdha Temen Tinemu

–       Juara Harapan I           : Rp.    750.000           :           Paguyuban Masjid Agung Putri

–       Juara Harapan II         : Rp.    500.000           :           Karang Werdha Sawunggaling

Acara perlombaan diselenggarakan didalam gedung sedang acara hiburan diselengrakan di halaman gedung. BKKKS Provinsi Jawa Timur menyediakan music lengkap dengan penyanyinya. Karena acara bebas maka siapapun boleh menyumbangkan suara merdunya dengan disertai pula para peserta Halunas ikut berjoget. Pada acara bebas tersebut ada yang membaca puisi antara lain dari Karang Werdha Gatotkaca (Dirgantara Blok B XI-22 Lesan Puro Malang)

Selain serangkaian acara tersebut juga diselenggarakan acara pengobatan gratis didalam ruangan dengan jumlah pengunjung pengobatan gratis + 180 orang dengan jumlah yang banyak berobat dari Diabetes Melitus/DB 80 orang. Penyelenggaraan pengobatan gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, RSUD. Dr. Soetomo, Puskesmas Tenggilis Mejoyo. Obat-obatan dan dokter berasal dari Puskesmas Tenggilis Mejoyo, Poliklinik Yayasan BK3S Jatim, dan RSUD. Dr. Soetomo. Jumlah dokter Poliklinik Yayasan BK3S Jatim sebanyak 4 orang dan 2 orang perawat, dari Puskesmas Tenggilis Mejoyo 2 orang dokter, 2 orang perawat dan 2 orang farmasi, dari RSUD dr. Soetomo 13 orang dokter dengan berbagai macam bidang keahliaan. Acara secara keseluruhan selesai pukul 12.00. (Ibu Ami & Ibu Tjuk.

Beri rating artikel ini!

Tinggalkan Balasan