SEKILAS YAYASAN AURICA

 

Yayasan Aurica adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh para orang tua anak dengan gangguan pendengaran,dengan tujuan untuk dapat turut serta membantu/ mengembangkan potensi anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran agar dapat lebih berpartisipasi dan prestasi serta dapat memiliki pilihan yang lebiih luas.

 

Alamat :

Margorejo Indah 3/A-408 Surabaya 60238, Indonesia

Phone: +62 31 8475341 , +62 31 70130801 Fax: +62 31 8475341

E-mail: yayasan.aurica@gmail.com

yayasan_aurica@telkom.net

Visi

Anak-anak dengan gangguan pendengaran dapat mendengar, berkomunikasi verbal & mengembangkan potensi yang dimiliki semaksimal mungkin sejajar dengan teman-temannya untuk berperan serta aktif dimasyarakat.

Misi

Membantu anak-anak dengan gangguan pendengaran untuk dapat berkomunikasi secara verbal dengan keluarganya, lingkungan pendidikannya dan di lingkungan sekitarnya yang lebih luas, dengan melibatkan orang tua dan lingkungan sekolah serta masyarakat luas sedini mungkin.

Mengembangkan kemampuan dan skill orang tua dengan menyediakan program pelatihan sedini mungkin, sehingga anak-anak diharapkan akan dapat berkomunikasi secara verbal menggunakan sisa pendengaranyang mereka miliki dengan bantuan alat bantu dengar yang sesuai.

Sejarah dibentuknya Yayasan Aurica

Pada akhir Desember1999,beberapa orang tua  yang merasa tidak puas dengan penanganan anak mereka yang mengalami gangguan pendengaran, berkumpul, berdiskusi untuk memberikan bantuan berupa informasi/sharing bagimana penanganan gangguan pendengaran yang sudah dijalani maupun yang diharapkan orang tua. Kelompok ini bertemu secara rutin seminggu sekali menceritakan pengalaman dan kesulitan masing-masing orang tua dalam menangani anak mereka. Semakin hari semakin banyak orang tua yang bergabung dalam kelompok ini. Kemudian kelompok ini dinamakan Surabaya parents support group.

Kegiatannya adalah seputar pemberian habiltasi Auditory kepada orang tua dan anak yang mengalami gangguan pendengaran, konsultasi mengenai penanganan gangguan pendengaran,menjalin hubungan dengan para profesional medis dan profesional pendidikan.

Dengan semakin banyaknya keluarga/orang tua anak yang bergabung, maka dipandang perlu untuk mendirikan sebuah lembaga yang mempunyai kekuatan hukum guna lebih mengakomodasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan. Oleh karena itu dibentuklah Yayasan Aurica pada September 2004 dengan program dan kegiatan yang lebih beragam dan terstruktur guna menunjang keberhasilan anggota.

Yayasan Aurica adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh para orang tua anak dengan gangguan pendengaran,dengan tujuan untuk dapat turut serta membantu/ mengembangkan potensi anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran agar dapat lebih berpartisipasi dan prestasi serta dapat memiliki pilihan yang lebiih luas.

 

Seluruh anak-anak di Yayasan Aurica menggunakan alat bantu dengar, baik hearing aid atau cochlear implant dengan tingkat gangguan pendengaran ringan hingga berat (profound). Para orang tua yang bergabung di Yayasan Aurica memiliki harapan yang sama, ingin anak mereka dapat berintegrasi dalam lingkungan sosial mereka. Hal ini berarti dapat berkomunikasi secara

Verbal didalam rumah,lingkungan rumah dan disekolah padaumumnya.

Pendanaan

 

Yayasan Aurica adalah lembaga sosial yang terdaftar sebagai pembayar pajak, dimana tujuan utamanya adalah untuk membantu anak-anak dengan gangguan pendengaran dari semua tingkat lapisan masyarakat. Sampai dengan saat ini sumber pendanaan utama yayasan adalah dari penghasilan kegiatan habilitasi atau auditory learning, kegiatan seminar dan parents course dan sumbangan-sumbangan dari pihakl ain.

Sampai dengan saat ini, yayasan Aurica menerima donasi dari beberapa pihak dengan jumlah terbatas dan sampai dengan Mei 2009, kami dapat member bantuan keringanan biaya pelatihan dan donasi Hearing Aid.

Seluruh bantuan dan dukungan dari semua pihak akan kami kelola secara baik dan hati-hati agar dapat meringankan beban anak-anak dengan gangguan pendengaran ini untuk memperoleh kesempatan dan masa dapan yanglebihbaik.

Bagi para donatur yang ingin memberikan sumbangannya, dapat dikirimkan ke:

YayasanAurica

NoRek. 034-01-06594-00-6

BankNiagacabangJemursari,Surabaya

 

 

Gambaran Kegiatan

Kegiatan di Yayasan Aurica meliputi: konsultasi mengenai pananganan gangguan pendengaran pada anak atau bayi, habilitasi auditory atau auditory learning, Parents Support Group, kids club, home visit, school visit, seminar dan diskusi, bekerja sama dengan beberapa intitusi mengadakan kegiatan hearing screening kepada anak usia sekolahTK dan playgroup kebawah.

Konsultasi mengenai gangguan pendengaran

 

Konsultasi ini diberikan kepada orang tua mengenai manajemen gangguan pendengaran, mulai dari pemeriksaan gangguan pendengaran, pemilihan alat bantu dengar yang sesuai dan habilitasi dengan pendekatan auditory verbal.

Habilitasi auditory atau auditory learning, yang ditujukan kepada Anak dan orang tua

Dalam habilitasi, anak dilatih untuk menoptimalkan sisa pendengarannya melalui alat bantu dengar yang dipakainya sehingga mampu berkomunikasi secara verbal. Sedangkan orang tua dan keluarganya diberikan informasi dan pedoman mengenai teknik dan strategia uditory verbal untuk diaplikasikan dalam kehidupansehari-hari.

Orang tua akan diberikan panduan untuk mengembangkan 5 potensi anak yang meliputi kemampuan mendengar, berbicara, berbahasa, berlogika dan berkomunikasi.

Parents Support Group

Diadakan untuk memberikan dukungan kepada orang tua,berupa dukungan pengetahuan, ketrampilan dan dukungan psikologis.

Kidsclub.

Diadakan untuk melatih anak bersosialisasi dalam kelompok kecil dan besar dan memberi bekal kepada anak untuk masuk dalam masyarakat secara lebih luas,termasuk untuk bersekolah  disekolah umum.

Schoolvisitdanhomevisit.

 

School visit dilakukan terutama kepada sekolah umum yang menerima anak dengan gangguan pendengaran, agar mempunyai informasi terkini mengenai managemen gangguan pendengaran. Sedangkan home visit lebih ditujukan untuk membantu keluarga untuk memastikan apakah penerapan program habilitasi sudah berjalan benar di rumah. Home visit juga ditujukan untuk mendapatkan data yang lebih kompleks mengenai keseharian anak untuk menyusun program terapi yang bersifat khusus, apabila terjadi hambatan perkembangan yang cukup signifikan dalam proses habilitasi.

Hearing screening.

Bekerja sama dengan dokter, rumah sakit, dan pihak lain melakukan pemeriksaan pendengaran dan konsultasi gratis pada sekolah play group dan TK   untuk mensosialisasikan penanganan dini  gangguan pendengaran pada anak.

Seminar,diskusi,parents course. 

 

Menyelengarakan Seminar, diskusi dan parents course, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan, informasi, meningkatkan kemampuan para professional, baik untuk professional medis, professional pendidikan, atau para professional lain yang bergerak di bidang penanganan gangguan pendengaran, maupun orang tua, megenai penanganan gangguan  pendengaran yang uptodate.

Profil sumber daya manusia

 

Secara umum semua sumber daya manusia di Yayasan Aurica telah memperoleh pendidikan dan training yang berkualitas yang mengacu pada pendekatan Auditory Verbal internasional. Koordinator habilitasi Cochlear Implant International yang berkantor di Sydney, datang secara berkala ke yayasan untuk meng-up date ketrampilan para personel kami. Support ini diberikan mengingat cukup banyaknya anak yang ditangani di yayasan Aurica dengan tingkat keberhasilan yang cukup baik.

KetuaYayasanAurica

Sri Gutomo adalah orang tua dari anak tuna rungu. Bermula dari belajar secara otodidak mengenai management anak tuna rungu, Sri Gutomo memperdalam pengetahuannya mengenai audiologist dan managemen anak dengan gangguan pendengaran melalui berbagai workshop dan seminar. Keaktifannya memajukan kualitas hidup anak tuna rungu mendorong beberapa institusi

international menawarkan program workshop dan course kepadanya.

Beberapa workshop dan course yang diikuti antara lain Auditory verbal Therapy Workshop di Hongkong, Audiological Technician workshop di Jakarta, Cochlear Implant Basic Workshop dari Cochlear Ltd. dan Advance AuditoryV erbalWorkshopdiKualaLumpur, Malaysia.

Di tengah-tengah kesibukannya, Sri Gutomo menjadi ketua yayasan Aurica, aktif menjadi volunter di rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya sebagai konselor dan aktif menjadi pembicara diberbagai seminar.

Koordinator habilitasi.

Sinta Nursimah adalah orang tua dari anak tuna rungu. Pengetahuan auditory verbal pertama kali diperoleh di Perth, Australia saat mengantar anaknya untuk memperoleh program habilitasi di sana. Kesuksesannya mengantar sang anak lancar berkomunikasi secara verbal dan berprestasi di sekolah umum, mendorong dia untuk membantu anak-anak tuna rungu lainnya mengoptimalkan potensi diri mereka. Menyadari bahwa bekal pengalaman tidak cukup, maka ia mengikuti short course di Singapore General Hospital, Singapore.

Berbekal pengetahuan dasar, Sinta mulai memberikan terapi habilitasi, dan atas support dari Cochlear Ltd. di Sydney ia berkesempatan mengikuti Intermediate Auditory Verbal Workshop di Sheperd Centre,Sydney dan Advance Auditory Verbal Workshop di Kuala Lumpur, Malaysia.

Saat ini ia dibantu oleh team habilitasi yang terdiri dari Fitri, Utari dan Ratih dalam menyelengarakan program habilitasi di Yayasan Aurica. Dimana mereka telah mendapatkan pelatihan yang intesif sebelum bergabung di dalam team habilitasi di Yayasan Aurica.

Bendahara dan Sekretaris Yayasan Aurica.

 

Bendahara, Cecilia, dan sekretaris yayasan, Silvia, juga berasal dari orang tua anak dengan gangguan pendengarn. Komitmen dan kepeduliannya terhadap anak dengan gangguan pendengaran membuat mereka bersedia meluangkan waktu dan tenaga di tengah aktivitas rutin mereka untuk memajukanYayasan Aurica demi peningkatan kualitas hidup anak dengan gangguan pendengaran.

Koordinator Paretns support group dan coordinator kids club.

 

Para orang tua yang telah sukses menghantarkan anak mereka berkomunikasi dan berbahasa secara verbal, dan yang telah memiliki ketrampilan auditory verbal ditunjuk sebagai koordinator parents dan koordinator kids club untuk menjadi motivator bagi orang tua yang lain. Mereka bertugas untuk memotivasi dan memberi dukungan pengetahuan, ketrampilan dan dukungan psikologis kepada orang tua lain, dan untuk menyelenggarakan parents meeting sebagai wadah diskusi antar orangt ua.

Selintas tentang anak di Yayasan Aurica

Yayasan Aurica mendorong intervensi sedini mungkin pada anak-anak dengan gangguan pendengaran untuk dapat mengembangkan potesi anak semaksimal mungkin. Saat ini anak- Anak yang tergabung diYayasan Aurica,mulai dari usia yang termuda adalah 8 bulan sampai dengan 12 tahun. Mereka semua tumbuh dan berkembang dengan potensi yang sama dengan anak-anak yang tidak mengalami gangguan pendengaran dan dapat berprestasi sema seperti “teman-teman”nya yang lain.

Ashila, 3,5tahun.

Ashila mengikuti program habilitasi mulai usia 8 bulan. Kemajuannya sangat pesat karena usianya yang dini saat memulai program habilitasi, alat bantu dengar yang tepat dan proses terapi yang konsisten dan berkesinambunan.

Saat ini dia sekolah diplay group umum dan dapat mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah dengan sangat baik. Ia dapat menyenyi dengan intonasi yang tepat, berpuisi dengan tekanan nada yang berirama, menjawab pertanyaan- pertanyaan guru dan menimpali dongeng yang dibacakan didepan kelas.

Dian, 11tahun.

Dian saat ini duduk di kelas 5 SD. Prestasinya di sekolah cukup baik, bahkan pada pelajaran science ia menduduki peringkat tinggi di sekolahnya hingga diberi julukan professor of sciencedi sekolahnya. Dian juga pernah mendapat beasiswa dari Alexander Graham Bell Foundation atas prestasi yang sangat baik disekolah umum.Dian memulai program habilitasi sejak usia kurang dari 3 tahun dan mendapat cochlear implat saat 3,3 tahun. Baru-baru ini ia memenangkan tiga kejuaraan sekaligus pada lomba peringatan isra’ miraj di sekolahnya, yakni juara pertama lomba biografi Rosul, juara ke dua lomba melukis dan juara ketiga lomba kaligrafi.

Beri rating artikel ini!
SEKILAS YAYASAN AURICA,5 / 5 ( 1voting )
Tag:

2 Respon

  1. author

    ZULBAHRI3 tahun ago

    Langkah dan tindakan yg sangat luar biasa yg dilakukan oleh teman2 para orang tua yg mendirikan yayasan ini.

    Saya juga punya anak yg bermasalah dg pendengaran dengan ambang pendengaran di 90 desible (telinga kanan) dan 80 desible (telinga kiri)

    Anak saya itu sudah berumur 8 th,ikut terapi dari umur 2,5th. tapi samapi skrg masih belum bisa kumunikasi 2 arah.

    Kami tinggal di Batam, apakah yayasan AURICA ini ada cabang di Batam ?

    Tksi
    Zulbahri

    Balas
  2. author

    Q. FITRI2 tahun ago

    INFO
    Al Fatihah dapat mengatasi Tuna rungu.gangguan pendengaran selama 18 tahun teratasi dengan AL FATIHAH .
    for more info
    hub: 081230105052
    alamat: ploso jombang jawa timur
    email: queenfitri23@gmail.com or fitriqueenfitri@gmail.com

    Balas

Tinggalkan Balasan