Seminar Kesehatan Anak Down Syndrome 2018

Dalam rangka rangkaian World Down Syndrome Day 2018, BKKKS Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan YKAI Provinsi Jawa Timur, PT. Pegadaian (Persero), Shangri-La Hotel Surabaya dan Morinaga telah menyelenggarakan kegiatan Seminar Kesehatan Anak Down Syndrome. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Maret 2018  jam 09.00 – 14.00 wib di ruang Gayatri Gedung Yayasan BK3S Jawa Timur, Jl. Raya Tenggilis GG 10 surabaya. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 100 an peserta dari beberapa komunitas, perorangan, organisasi sosial di daerah surabaya, Gresik dan sekitarnya.

 

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Ibu Dra. Erma Inayati, M.Si. dengan materi “Motivasi Penguatan dalam  Keluarga Untuk Ads” , Ibu Dr. Sri Adiningsih, dr., M.S., M.CN dengan materi “Gizi Anak Down Syndrome dan Makanan Larangan”, Ibu Dr. Nyilo Purnami, dr., SP-THT-KL(K) dengan materi “Peran Orang Tua Terhadap Kesehatan Pendengaran Untuk Anak Down Syndrome”, Bapak Prof. Soegeng Soegijanto, dr., SpA(K)  dengan materi “Imunisasi Pada Bayi dan Anak Berisiko” dengan Moderator Ibu Hj.Ida Sampit KaroKaro, SH, CN ,MH

 

Peserta dari kegiatan tersebut sebagaian besar para orang tua insan disabilitayang cukup antusias mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir dan turut berpartisipasi aktif dengan ikut bertanya kepada para narasumber.

Tujuan kegiatan seminar tersebut memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap kesehatan anak down syndrome. selain itu sebagai Masyarakat kita harus insane down syndrome dengan memberikan perhatian bahwa insan down syndrome baik orangtua ataupun anak down syndrome membutuhkan dukungan baik moral maupun material sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya serta memberikan lindungan agar mereka para Insan Down Syndrome mendapatkan akses yang memadai terhadap perawatan kesehatan, program intervensi dini dan pendidikan inklusif serta penelitian yang sesuai sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan hidupnya dan juga mampu beradaptasi dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki ditengah tengah masyarakat.

 

Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa “anak down syndrome adalah anak istimewa dan BKKKS Provinsi Jawa Timur sangat konsen pada kesejahteraan dan pemberian tempat apresiasi kepada anak down syndrome, maka lewat seminar kesehatan anak down syndrome diharapkan para orang tua bisa lebih membuka wawasan terhadap penanganan anak down syndrome”.

 

Beri rating artikel ini!
Tag:

Tinggalkan Balasan