Study Banding LKKS Kep. Riau Di BKKKS Prov. Jawa Timur

Sejumlah 46 orang Pengurus anggota LKKS Kepulauan Riau mengadakan study banding ke BKKKS Provinsi Jawa Timur, study tersebut bertujuan :

1. Untuk meningkatkan dan mengembangkan LKKS Kepulauan Riau yang baru berdiri  + 6 bulan.

2. Melihat dari dekat kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan BKKKS Provinsi Jawa Timur.

3. Ingin mengetahui mengenai bentuk Yayasan yang sudah dilaksanakan oleh BKKKS Provinsi Jawa Timur yang telah sukses dan menjadi percontohan.

Pada acara study banding tersebut seluruh peserta/pengurus/anggota LKKS Kepulauan Riau meninjau Home Care lansia binaan BKKKS Provinsi Jawa Timur, nampaknya mereka senang berkunjung kerumah embah-embah walaupun rumahnya kecil dikunjungi tamu yang banyak, embah-embahnya juga senang. Ditanya oleh ibu-ibu LKKS Kepulauan Riau embah-embah menjawab dengan tenang dan senang hati, bahkan ada rasa bahagia. Selanjutnya selesai mengunjungi embah-embah para tamu menuju ke Balai RW VI Tenggilis Mulyo yang telah ditunggu oleh para lansia lainnya dan para pendamping.

Di Balai RW VI Tenggilis Mulyo Ibu Ketua LKKS Kepulauan Riau menyampaikan rasa terima kasih, beliau mengatakan bahwa LKKS Kepulauan Riau juga melaksanakan pembinaan dan pelayanan lansia, tetapi tidak seperti yang dilaksanakan oleh BKKKS Provinsi Jawa Timur, masih sederhana, oleh karena itu bilamana nanti sampai di Kepulauan Riau LKKS akan meningkatkan dan mengembangkan pelayanan dan pembinaan seperti program Home Care lansia di Surabaya.

Pada acara tersebut Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE memberikan sambutan bahwa kegiatan pelayanan dan pembinaan yang telah dilaksanakan oleh LKKS Kepulauan Riau tinggal meningkatkan untuk menjadi program Home Care, Bapak Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur percaya bahwa program Home Care lansia dapat dilaksanakan dengan baik oleh LKKS Kepulauan Riau, harapan Bapak Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur agar setiap Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau dapat melaksanakan Home Care lansia sampai pada tingkat Kecamatan, mudah-mudahan apa yang dilaksanakan oleh LKKS Kepulauan Riau dibidang kesejahteraan sosial dapat berhasil dengan baik.

Acara malam hari dilanjutkan pertemuan antara pengurus Yayasan dan BKKKS Provinsi Jawa Timur dengan seluruh pengurus/anggota LKKS Kepulauan Riau. Pada kesempatan acara tersebut Bapak Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur menginformasikan sejarah berdiri dan perkembangan BKKKS Provinsi Jawa Timur sampai pada kondisi pada saat sekarang yang telah dicapai oleh BKKKS Provinsi Jawa Timur. Demikian juga sambutan dari Ketua Umum LKKS Kepulauan Riau mengatakan sangat beruntung sekali bisa melihat dan belajar dari BKKKS Provinsi Jawa Timur dengan informasi dan kegiatan yang telah dicapai, perkembangan Yayasan yang sangat berguna sekali bagi LKKS Kepulauan Riau yang baru tumbuh dan akan melangkah lebih jauh, oleh karena itu study banding yang dilaksanakan ke BKKKS Provinsi Jawa Timur sangat mendorong dan menjadi acuan lebih lanjut diwilayahnya.

Infromasi dari BKKKS Provinsi Jawa Timur menjadi motor penggerak untuk melancarkan jalannya usaha kegiatan kesejahteraan sosial bagi LKKS Kepulauan Riau. Study banding ini mempunyai nilai manfaat yang sangat tinggi. Pada tanggal 10 November 2011 semua pengurus/anggota LKKS Kepulauan Riau mengikuti sarasehan Hari Pahlawan 10 November 2011 yang diselenggarakan oleh IRSI Jatim yang menjadi motornya BKKKS Provinsi Jawa Timur.

Nampaknya rasa puas tersirat pada sikap perilaku serta dari para pengurus/anggota LKKS Kepulauan Riau. Pada waktu acara kunjungan Home Care lansia LKKS Kepulauan Riau memberi bantuan kepada Home Care lansia BKKKS Provinsi Jawa Timur. (Ibu Dra. Hj. Ami S. Poerwanto & Ibu Hj. Indijati Sukiadi, SH)

Tinggalkan Balasan