12 CARA MEMBANGUN SIKAP “BERPIKIR POSITIF”

Pernahkah kamu menghadapi situasi dimana harus memutuskan atau menentukan pilihan, tapi diri kamu dipenuhi keragu – raguan karena berbagai pertimbangan tentang “bisakah aku?? “jangan-jangan?????.?, ?Kalau??lalu bagaimana ?? Sementara sahabatmu dengan penuh percaya diri memberimu semangat dengan jawaban “ah….itu sih gampang,Siapa takut??

Kamu dan sahabatmu punya perbedaan yang sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan, yaitu cara melihat sesuatu bisa dari sisi positif, bisa juga dari sisi negative, atau yang kita kenal ?Negative and Positive Thinking?.

Berpikir Positip ternyata memberikan peluang seseorang untuk menjadi seorang pemimpin. Oleh karenanya ?berpikir Positip? merupakan materi penting yang diberikan dalam training CEO (Chief Executive Officer) di dunia manager. Bahkan keberhasilan Miss Universe Th. 2005 ternyata sangat ditentukan oleh prinsip hidupnya yang selalu berpikir positip. Ini terbukti dari pengakuannya pada saat juri bertanya : ?Apa yang anda anggap paling penting dalam hidup kamu ? dengan penuh keyakinan dia menjawab : Saya selalu belajar dan mencoba untuk berpikir positif. Dengan berpikir positif akan memberikan dampak cukup kuat pada Kedamaian Dunia. Dan ternyata jawaban itulah yang membuatnya terpilih menjadi Miss Universe Th. 2005.

Sangat berarti untuk membangun sikap dan perilaku positif. Ada 12 Tips cara untuk membangun sikap menjadi lebih Positif, antara lain :

1. kamu bisa memilih bersikap Optimis.

Orang yang pesimis itu focus kepada yang negative (seperti memandang segelas air sebagai setengah kosong/air yang sudah tak ada). Sedangkan yang optimis focus memandang yang positif (seperti memandang segelas air sebagai setengah penuh) Siapakan yang lebih baik cara pandangnya? Siapakah yang lebih mungkin bahagia, lebih yakin dan lebih pasti?

2. Kamu bisa memilih menerima segalanya apa adanya

Ini tidaklah berarti bahwa kamu menjadi tak semangat dan menyerah. Artinya kamu tidak bergumul, merengek, dan memebenturkan kepalamu ke tembok ketika segalanya tidak beres. Sebenarnya perilaku yang menjadikan kamu korban yang tiada berdaya (yang memakanmu itulah yang menambah beban atas semangatmu). ?Terimalah segalanya apa adanya, bukan seperti yang kamu angankan saat ini. Masa lalu sudah lewat, masa depan masih misteri dan saat inilah karunia, itulah sebabnya saat ini disebut ?present = hadiah?. Oleh karenanya saat ini pergunakanlah sebaik ? sebaiknya.

3. Kamu bisa memilih cepat pulih

Mengembangkan sikap ? sikap positif tidaklah berarti bahwa kamu tidak akan pernah mengalami kepedihan, penderitaan, atau kekecewaan. Selain itu, mengembangkan sikap ? sikap positip tidaklah berarti kamu seharusnya mengabaikan masalah. Masalahpun selalu mempunyai sisi sebaliknya. Kalau kamu gagal dalam ujian, belajarlah lebih giat lagi atau cari pembimbing. Kalau kamu kehilangan teman, perbaikilah persahabatan tersebut, atau mencari teman baru. Kalau kamu tidak suka penampilanmu, kembangkanlah kepribadian kamu yang fantastis.

4. Kamu bisa memilih cerita

Mulailah dengan menolak hal ? hal yang suram, sungginglah senyum. Kalau kamu melontarkan kata ? kata yang positif, prmikiran ? pemikiran yang positif, dan perasaan ? perasaan yang positif, maka orang ? orang (serta hal ? hal) yang positif akan tertarik kepadamu.

5. Kamu bisa memilih bersikap antusias.

Sambutlah setiap harinya dengan semangat. Laksanakanlah tugas ? tugasmu dengan penuh semangat. Semakin kamu bersemangat, maka semakin orang ? orang disekelilingmu punmerasa dan bersikap demikian, ?Semangatlah?..!?

6. Kamu bisa memilih lebih peka.

Kalau kamu lebih peka terhadap masalah ? masalah potensial, maka kamu bisa lebih siap menghadapinya dan bahkan mengelak. Kamu juga bisa peka terhadap pengalaman ? pengalaman positif. Misal, bila kamu dengar pengumuman tentang uji coba tim atau klub baru, maka catatlah waktu dan tempatnya dan berencanalah mengikutinya, kamu akan memperoleh sesuatu hal yang baru.

7. kamu bisa memilih humor.

Kalau kamu melakukan sesuatu yang konyol (semua orangpun pernah) jangan melewatkan peluang untuk menertawakan diri sendiri. Itulah salah Satu sukacita besar kehidupan. Kalau kamu banyak tertawa, kamu akan sehat. Tawa itu mengeluarkan kimiawi tertentu dalam tubuhmu yang merangsangmu dan dapat memebantumu bertumbuh dengan sehat. Humor dan tertawa itu sehat.

8. Kamu bisa memilih sportif

Sportif artinya menerima kekalahan dengan positif sambil tersenyum, menjabat tangan sang pemenang, tidak menyalajkan orang lain taua keadaan atas kekalahan itu. Sikap ini bisa memenangkan teman seandainyapun kamu tidak memenangkan pertandingan atau kompetisinya. ?Sportif? berarti pula tidak perlu mengejek yang kalah ketika kamu menang.

9. Kamu bisa memilih rendah hati

Kalau kamu benar benar berkepentingan terhadap sesame, mereka akan melihat kualitas baikmu seandainyapun kamu tidak mengiklankannya. Mereka tidak akan merasa bahwa kamu berusaha memanipulasi mereka, berbuatlah untuk sesama karena Tuhanmu

10. Kamu bisa memilih bersyukur

Renungkanlah : Mungkin banyak sekali yang bisa kamu syukuri. Rasa syukur membuatmu tersenyum. Itu membuatmu senang dengan kehidupanmu. Dan orang lain pun senang di dekatmu. Bersyukur bisa memberikan ketenangan bagi dirimu.

11. kamu bisa memilih beriman

Bagi sementara orang, ini berarti percaya kepada Allah Yang Maha Kuasa atau kuas yang lebih tinggi lainnya. Beriman artinya percaya bahwa segalanya akan beres bagimu dan bahwa kamu bisa membereskan segalanya sendiri. Kalau kamu perkirakan akan gagal, mungkin mencapai sasaranmu.

12. Kamu bisa memilih berpengharapan

Pengharapan mungkin merupakan sikap positifmu yang terpenting dasar bagi segala sikap poritif lainnya. Apakah yang kamu harapkan? Apa sajakah impianmu?Apa sajakah ambisimu? Maksudmu dalam kehidupan ini? Kalau kamu mau mempertimbangkan pertanyaan ? pertanyaan tersebut kamu sudah menjadi individu yang berpengharapan. ?Pengharapan adalah sesuatu yang bersayap ? Yang hingga pada Jiwa ? Dan bersenandung tanpa kata ? Dan tidak pernah berhenti ? sama sekali.

?Semoga harapanmu tercapai dan mulialah dari hari ini?

Tulisan ini di sunting dan diedit oleh Moh. Ghozy, Konselor Lembaga Konsultasi Mitra Remaja dari Buku  What Do You Stand For, diterjemahkan dengan judul Character Building Untuk Remaja, Barbara A. Lewis, 2004


Beri rating artikel ini!
Tag:

107 Respon

  1. author

    Triyadi9 tahun ago

    kurang jelas

    Balas
  2. author

    Triyadi9 tahun ago

    kami kurang jelas dengan penjelasan sikap sosial

    Balas
  3. author

    X-JMY8 tahun ago

    wah is the best bgt

    Balas
  4. author

    yulius8 tahun ago

    Thanks a lot. It’s Awesome.Saya banyak terbantu untuk belajar selalu berpikir positif menghadapi situasi yang rumit. Amen. Terus Jaya BKKKS.

    Balas
  5. author

    Tatang8 tahun ago

    Its Goooodddd,

    Balas
  6. author

    Andri isa8 tahun ago

    Terima kasih , ternyata saya sudah melakukan nya sebahagian

    Balas
  7. author

    agus siswanto8 tahun ago

    Terima kasih atas artikelnya, namun kalau itu ada contoh-contohnya sehingga mudan dimengerti pembaca dan di aplikasikannya.

    Balas
  8. author

    Winda Rosanty8 tahun ago

    Luar biasa!!

    Balas
  9. author

    Jefry8 tahun ago

    saya tertarik dengan judul tulisannya, tapi bahasa-nya kaku dan saya jadi ga ngerti
    Orang yang pesimis itu focus kepada yang negative (seperti memandang segelas air sebagai setengah kosong/air yang sudah tak ada). Sedangkan yang optimis focus memandang yang positif (seperti memandang segelas air sebagai setengah penuh) Siapakan yang lebih baik cara pandangnya? Siapakah yang lebih mungkin bahagia, lebih yakin dan lebih pasti?
    maksudnya gmn sch..

    Balas
  10. author

    yeni8 tahun ago

    bagus kok. . . .
    hargain ajah belum tentu kita bisa lebih baik dari ini

    Balas
  11. author

    Annette8 tahun ago

    cukup memberikan saya semangat utk berpikir positif

    Balas
  12. author

    zahra8 tahun ago

    bagus………tapi coba bahasanya lebih sederhana dan disertai contoh2

    Balas
  13. author

    Jhon Rafael8 tahun ago

    ini sangat membantu semua orang yang selalu berpikir antara Negatif dan positif thinking,,,,thank’s berat atas semua sarannya………….GBU…..

    Balas
  14. author

    andriasuswanto8 tahun ago

    bertahap dan kontinuitas itu kunci membentuk poitif thinking menjadi kebiasaam

    Balas
  15. author

    vian8 tahun ago

    berpengharapan boleh saja tetapi tidak selamanya kita harus berharap kan????

    Balas
  16. author

    tira8 tahun ago

    menerima apa adanya,bukanya sama dengan pasrah.betul atw tidak

    Balas
  17. author

    emhy8 tahun ago

    wah,,bgs bngettt,,,,mulai skrg ku akan mencobanya,,,doakan ku yah,,,

    Balas
  18. author

    sugi8 tahun ago

    bagus n…semoga bermanfaat

    Balas
  19. author

    saya ingin belajar8 tahun ago

    Terimakasih atas artikelnya ….

    Balas
  20. author

    Pikiran positif8 tahun ago

    Trima kasih atas saran”nya,klo bsa lbih bnyak lgi saran” wt bngun pkiran psitif,

    Balas
  21. author

    Elisa Correia8 tahun ago

    aku adalah seorang yang tidak di percaya olleh orang lain tapi bagaimana cara supaya orang itu bisa percaya kepada kita.

    Balas
  22. author

    kerja sambilan8 tahun ago

    salah satu cara dalam memulai pikiran positif adalah pertama adalah ketika kita bangun pagi, hal yang pertama kita harus mengucap syukur untuk hari itu, awali dengan doa sesuai keyakinan masing masing, mengucapka hal yang positif untuk hari ini, ucapakan ?saya akan berhasil, ada jalan untuk saya, keberuntungan terjadi hari ini, pikirkan sesuatu yang baik dan bahagia untuk hari itu, pikirkan sesuatu jalan untuk masalah, pikirkan kesembuhan untuk penyakit,dan katakan saya akan sembuh, maka perkataan yang positif akan mempengaruhi cara dan pikiran kita , sehingga kita akan menjalani kehidupan dengan positif dan sesuatu yang baik

    Balas
  23. author

    agness8 tahun ago

    GREAT artikel…sungguh sangat membangun dan membuka pikiran ku…hope i can do it all…thx..

    Balas
  24. author

    agness8 tahun ago

    GREAT artikel..smg saya bisa mempratekannya..thx

    Balas
  25. author

    rizky8 tahun ago

    saya akan mencoba tipsnya,tpi mudah-mudahan tips kali ini benar-benar bisa saya lakukan karena sudah banyak tips2 yg sy baca dan ternyata itu semua hanya mudah untuk dibaca tpi sukar tuk direalisasikan,thanks

    Balas
  26. author

    ardya8 tahun ago

    gooooooooood,,,no lie!!!!!!!

    Balas
  27. author

    indah8 tahun ago

    bagus bgt….

    Balas
  28. author

    andra8 tahun ago

    TOP BGT MEMANG DALAM SETIAP KEHIDUPAN HARUS BERFIKIR POSITIF DAN RUBRIK INI TELAH MEMBERI MOTIFASI

    Balas
  29. author

    mayy-mahmud8 tahun ago

    artikel yang cukup bagus, hanya penerapannya, kalau manusia di indonesia bisa 70 persen saja yang seperti itu, yang mempunyai pandangan positif, maju lah ndonesia…semoga situs ini banyak yang membaca…….

    Balas
  30. author

    anin8 tahun ago

    its the best, Q hrp kryamu bs brguna untuk smua orang.

    Balas
  31. author

    mika8 tahun ago

    cukup bagus lah…..tp bahasanya masih susah di mengerti

    Balas
  32. author

    akbar8 tahun ago

    sya sngat bersyukur atas diri saya yg seperti ini ada kekuranagan untuk mencari kelibihan
    dan kelebihan untk bsa mengurangi’y…
    terimakasi
    sy jdi lebih menghargai hidup saya dan sy smakin bersemngat untuk bangkit dri keterpurukan diri..
    tnkz it’s bets comnt

    Balas
  33. author

    purnama8 tahun ago

    Terima kasih atas ilmu positifnya, ini sangatlah berarti bagi hidup saya. Go positive thinking

    Balas
  34. author

    jatmiko8 tahun ago

    terima kasih atas apa yang telah saya baca atas tulisan anda

    Balas
  35. Cara Membangun Sikap Positif « ImeLicious8 tahun ago

    […] disadur dari:klik […]

    Balas
  36. author

    devi8 tahun ago

    luar biasa,,,,
    sulit loh, untuk berpikir positif, tapi hey,,, patut untuk kita coba,,,!
    jangan banyak ngeluh dehh….
    OK!

    Balas
  37. author

    Ayu Chi Buah Hati8 tahun ago

    That’s Sugesti,
    karena idealisme lah yg mempengaruhi bagaimana seseorang kedepan nya akan bersikap..
    Saya setuju, dgn artikel ini.
    Dapat memberi semangat dalam mencapai kesuksesan.
    Dan semoga ALLah meridhoi. Amin

    Balas
  38. author

    Ayu Irma Prasakti8 tahun ago

    That’s Sugesti,
    karena idealisme lah yg mempengaruhi bagaimana seseorang kedepan nya akan bersikap.
    Saya setuju, dgn artikel ini.
    Dapat memberi semangat dalam mencapai kesuksesan.
    Dan semoga ALLah meridhoi. Amin

    Balas
  39. author

    Nuriman8 tahun ago

    Terima kasih untuk tipsnya mulai sekarang saya akan berpikir positif karena saya akan jadi orang yang berhasil dan sukses.

    Balas
  40. author

    Muhammad Fairuzzabadi8 tahun ago

    Asalamualaikum.
    Di saat dalam kebimbangan akan suatu hal, mungkin mudah bagi org tapi tidak bagi saya, setelah membaca 12 cara membangun sikap “berfikir positif” tersebut hidup saya menjadi lebih berarti dan fiiran saya terbuka untuk hal2 yang akan saya capai. thanl’s buat penulis moga ja bisa ada terobosan2 yang terbaru agar membuat orang seperti saya lebih termotivasi. wasalam.

    Balas
  41. author

    m.syaifudin8 tahun ago

    ok ….mkasih segala masukannya…smga saya bisa mengamalkan…n baik hasilnya,,utk diriku dan orang lain..amin

    Balas
  42. author

    masyitah8 tahun ago

    Thank`s stelah baca artikel ni aq jadi smangat lagi…amiiii…nnnnnn

    Balas
  43. author

    kadek wi8 tahun ago

    Lumayan Bagus,,,,,, Thanks you.

    Balas
  44. author

    na8 tahun ago

    mks tas ilmunya

    Balas
  45. author

    surya8 tahun ago

    KALAU BISA LEBIH RINCI LAGI

    Balas
  46. author

    erik8 tahun ago

    sipp… gua bgt nih.. ^_^

    Balas
  47. author

    RINO'ES8 tahun ago

    sya ingin bertnyk…??? Bagimana sih memprthankan pikiran positif supaya bertahan dalam diri kita….???

    Balas
  48. author

    Nur Rhahmawati8 tahun ago

    Waah, bagus bangett artikelnya, aku senang sekali, semoga kita bisa berpikir positif hingga akhir hayat, semangattt..!

    Balas
  49. author

    amunah7 tahun ago

    makasiii banget,,,saya bisa menangkap maksud anda,,,semoga in bisa kita aplikasikan,,,senang bisa membaca halaman ini….

    Balas
  50. author

    ismail7 tahun ago

    tman2 tetaplah semangat dalam mngerjakan ssuatu karena itu akan memungkan anda sukses mengerjakannya. janganlah putus asa karena putus asa itu ujung2nya tidak baik. bagi yang sakit bersabarlah insyaAllah kamu akan sembuh tapi ingat doa dan semangat juga sangat mendukung kesembuhanmu. Allah selalu bersama dengan orang sabar dan taat kepadanya.

    Balas
  51. author

    lastri astuti7 tahun ago

    bgs…aku ingin mencoba,sem0ga aq bisa,,,menjadi manusia yg selalu berpikir positif..mksh

    Balas
  52. author

    Sujarni_bengkalis7 tahun ago

    12 tips itu saya rasa sdh cukup untuk mengubah arah fikiran kita dari negatif ke positif.

    Bagi mereka yang merasa tidak berhasil mungkin dari awal memang tidak mau secara total untuk berfikir positif.

    Setiap obyek yang di pandang oleh mata kita itu di cerna oleh fikiran kita, dan pasti dalam fikiran kita punya 2 sudut pandang yaitu negatif dan positif. Begitu juga masyalah, bencana atau musibah.
    Sekarang tergantung kita menyikapinya, akan membiarkan sudut pandang negatif yang merasuki fikiran kita karena itu lebih mudah sebab setan akan membatu kita, atau berusaha mengalihkan dari yang negatif ke positif? Cara2nya sdh secara lengkap di paparkan di artikel diatas.
    Sekarang tinggal anda “TEPUK DADA TANYA SELERA”.

    Biasanya sudut pandang negatif itu datang lebih duluan apalagi dalam kondisi panik, strees dsb

    Balas
  53. author

    az7 tahun ago

    good good. semoganebsa jadi inspirasi qtq qtq.thank’s

    Balas
  54. author

    syarif7 tahun ago

    saya sangat setuju keberhalilan adalah apa yang kita lakukan hari ini untuk keberhasilan 2 th yang akan datang…

    Balas
  55. author

    Baidawi7 tahun ago

    kerennnn,,,,,

    Balas
  56. author

    danang7 tahun ago

    Thanks for the article…

    Balas
  57. author

    Nursida Halim7 tahun ago

    Positive thinking is the basic of happiness.So,Let’s us Start now to practice it in daily activity.

    Balas
  58. author

    mangga7 tahun ago

    i like it
    thanks for the motivation
    i hope
    we will success anyway

    Balas
  59. author

    jhon7 tahun ago

    good…..
    jadi ingin selalu mencoba positif thinking…
    thanks
    GBU

    Balas
  60. author

    holden sumbayak7 tahun ago

    sangat menarik dan penuh hikmah…
    harapa yang sangat pasti

    Balas
  61. author

    yuda7 tahun ago

    saya suka dan mengerti penjelasannya
    terimakasih atas motivasnya
    saya akan berusaha lebih keras lg untuk mencapai tujuan hidup saya

    Balas
  62. author

    maleh7 tahun ago

    bagus bangat ni artikelnya.,ngasih motivasi ni buat bisa intropeksi diri.,makasih ya……

    Balas
  63. author

    maleh7 tahun ago

    kalonya boleh pingin konsul ni.,hee
    di kirimin email gtu.,biar bisa belajar memahami /pun nyikapin masalah yang da d’diri sendiri.,,,hiiiiee

    Balas
  64. author

    rosyid7 tahun ago

    terimakasih, mungkin dengan ini , saya dapat mengangkat nilai self esteem saya yang salah satunya wajib berpositif thinking, sehingga dapat dijadikan subtituen atas sikap minder dan beberapa sikap negatif di dalam diri saya. Aamiin.

    Balas
  65. author

    Delbert Duffus7 tahun ago

    Thanks for the post. If you don?t mind my asking, what blog theme are you using? Is it available Free or is it a custom design? Thanks.

    Balas
  66. author

    siswanto andrianto7 tahun ago

    Terima kasih masukannya..

    Balas
  67. author

    ica7 tahun ago

    i like it…!!!
    take more than one to this teory…
    making us always smile in this life…

    Balas
  68. author

    HAMBAALLAH7 tahun ago

    THANKS ATAS SARANNYA
    MOGA SARAN LOE BERHASIL

    Balas
  69. author

    mifta7 tahun ago

    Thanks bgt..

    Balas
  70. author

    siswa7 tahun ago

    ya

    Balas
  71. author

    Albu Qolbin7 tahun ago

    Teng’Q : )
    Think Positively and We’ll be Winners !!!
    Itu……………………….

    Balas
  72. author

    Novi oriflame7 tahun ago

    Luar biasa, semangat…

    Balas
  73. author

    fajrin7 tahun ago

    Wooowww…
    sungguh fantastis.
    Bagi sy, pnjelsan yg Anda berikn sngt jelas.
    smoga sy bs mnjlnkan slebihx.
    Amin.

    Balas
  74. author

    nurhaizah7 tahun ago

    thnks yach atas saran NYA
    KU KN MENCOBANYA

    Balas
  75. author

    hapzah7 tahun ago

    bagus saya seneg dengan penjelasannya tapi klo bisa di beri contoh….

    Balas
  76. author

    mets muhamad nur7 tahun ago

    thanks…artikel yg bgus..

    Balas
  77. author

    Ratna7 tahun ago

    Thanks bnget artikelx moga brmanfaat,

    Balas
  78. author

    muiz7 tahun ago

    uke, saya jd termotivasi untuk berpikir positif teruz sukses ya buat BKKKS

    Balas
  79. author

    yori saputra7 tahun ago

    terima kasih mungkin sebelumnyaikepda penulis..tapi saya berharap agar pembahasannya di tambah terus aga para pembaca bisa memahami apa yang penulis tulis …thanks.

    Balas
  80. author

    Deka7 tahun ago

    Tur nuhun pencerahanna. Mugi-mugi bisa jadi inpirasi anak-anak muda lainnya.

    Balas
  81. author

    dee7 tahun ago

    haaaadadadad….agak susah yang jalanin. mo baik tu susah bgt tohhh…

    Balas
  82. author

    popie7 tahun ago

    bukan gak mau berpikir positif. kadan kita uda kapok duluan karna masa lalu yang agak kurang menyenangkan,,,, makanya agak gimana geto… bukan tidak mau. tapi berusaha….

    Balas
  83. author

    gw7 tahun ago

    kadang pemikiran positif dan optimis malah hasilnya tdk sesuai yg kt hrpkan,, dunia oh dunia,,,

    Balas
  84. author

    Muhartati7 tahun ago

    usia 55 th scr logika umur, hdp yg djlni kmrn dg yg akan datang ya msh lama yg djlni kmrn…tp kenapa ya kok susah banget akan membangun sikap positif pd khdpan sehari-hari…krn scr jujur sih sbnrnya saya dah bnyk berupaya dmkian,nah yang sulit itu krn mereka yang disekitar kt gk punya ilmu yg sama,jd kayaknya gk ada keseimbangan…shg kadang kaget2 aja ktika suatu saat gk ada hjn gk ada angin tau2 ada org yg memfitnah kt,yg mengadu domba kt,memutar balikkan fakta yg ada….Okelah meski hdp saya scr logika umur lbh pndek dr yg djlni kmrn,saya akan mencoba lg sesuai “12 cr membangun sikap berpikir positif”,thanks ya…klo ke Srby insyaallah akan saya smptkan mampir kekantor BK3S,penasaran banget kayk apa smpurnanya personal2 yang duduk disana….

    Balas
  85. author

    ahmad hasanudin7 tahun ago

    tolong dong lebih di perjelas lagi,,,,
    sa7ya sedang membutuh kan nya,,,

    Balas
  86. author

    wandi tris7 tahun ago

    alhamdulillah..

    Balas
  87. author

    Febri7 tahun ago

    Thanks for your motivation.

    Aku tau memang orang yg tak cukup mampu,
    tapi dengan doa dan semangat aku pasti bisa melakukan itu,
    itupun bukan hanya untuk diriku,
    tapi untuk semua yg ingin pikiran positif dan otak kita menyatu.

    Balas
  88. author

    sofia7 tahun ago

    hebat dan luar biasa.. sangat jelas penjelasanx.apapun mslah kita. lo kita berfikir positif pasti bisa.org yg slalu positif tidak pnya alasan.titik
    pikiran adalah do’a..

    Balas
  89. author

    estie7 tahun ago

    it’s ok..!!! good job i like this & thank’s full

    Balas
  90. author

    estie7 tahun ago

    walaupun sebenarnyaa ga mudah bat selalu berpikir positif dalam kondisi down… tapi minimal dengan membaca artikel ini, ada pencerahan yang membuat semangat dalam diri tumbuh dan berkembang lagi…

    Balas
  91. author

    koto7 tahun ago

    poin 11.dengan beriman pasti akan berpikir positif.perbanyak zikir.thanks

    Balas
  92. author

    mhia7 tahun ago

    bagus banget,tapi gx tau knapa susa bget tk ngejalanie ny…

    Balas
  93. author

    Newbie Blogger7 tahun ago

    artikel ini membuat saya seorang newbie semakin semangat dalam ngeblog dan selalu berpikir positif

    Balas
  94. author

    Che pesimis7 tahun ago

    Sangat membantu. . Mkasih. . . . . .
    Smga kdepannya Q bsa brfkir lbh positif tntg khdpn. . .

    Balas
  95. author

    rosari7 tahun ago

    terima kasih banyak…artikelnya sangat memotivasi saya…jd tambah smangat n percaya diri dalam hadapi permasalahan…
    posthink posthink posthink yg trbaek!!!!

    Balas
  96. author

    hendry7 tahun ago

    makasih setelah saya baca halaman ini.
    bener2 bkn aku sedih slama ini a perlu bgt membangun sikap positif, secara a saat ini slalu berfkrn negatif, yang ada saya yang sakit.
    Maksihh saya jd termotifasi bgt dgn baca ini.

    Balas
  97. author

    ILDA7 tahun ago

    wah yo ii semangaattttt

    Balas
  98. author

    tomy yono7 tahun ago

    semoga dapat terlaksana. Amin

    Balas
  99. author

    Arif6 tahun ago

    Bagus dan makasih….

    Balas
  100. author

    oya6 tahun ago

    sy mrasa lbih baik stelah membaca cara” diatas…namun belakangan ini sy sangat mrasa down dalam menjalani hari-hariq…mgkn karena selalu terhianati dalam pergaulan atau dengan kata lain mengalami gagal persahabatan..

    Balas
  101. author

    Bongsu6 tahun ago

    Good

    let’s do it together

    Balas
  102. author

    Endroez6 tahun ago

    Perfect…. thanks before…. 🙂

    Balas
  103. author

    tatang tb6 tahun ago

    aku suka dengan nasihat di atas

    Balas
  104. author

    galih yk6 tahun ago

    mudah-mudahan bermanfaat untuk anak usia 16 thn seperti saya…..

    Balas
  105. author

    beni6 tahun ago

    cara berpikir positp itu orang pintar yang tidak terbawa esmosi haa

    Balas
  106. author

    subhannesa6 tahun ago

    saya masih belum sanggup untuk mencoba berpikir positif keragu raguan akan diri sendiri membuat saya tak sanggup untuk menjadi manusia sosial yang bermasyarakat seperti orang orang disekitar saya saya mantan pemakai narkoba,kalau anda membaca ini mohon bantuan untuk dikirimi motivasi ke email saya terima kasih

    Balas
  107. author

    hanizar6 tahun ago

    sungguh susah utk melakukn nya..tapi kita harus sllu utk mencoba nya agar terbiasa demi kebaikan.

    Balas

Tinggalkan Balasan