6 Kecerdasan Otak Kanan (Tips & Trik untuk Melatihnya)

Sistem pendidikan formal terlalu mengedepankan pengembangan otak kiri, otak kanan jarang digunakan dalam sistem pembelajaran untuk anak-anak maupun orang dewasa, namun saat ini pusat pengembangan otak kanan pun dibuka sebagai penyeimbang, selain itu pada era konseptual sekarang ini lambat laun juga telah mulai membuka pengetahuan kita tentang fungsi dan kerja otak manusia.

Diantaranya adalah fungsi dari otak sebelah kanan kita, kita harus melengkapi penalaran yang diarahkan oleh otak kiri kita dengan menguasai enam kecerdasan penting yang diarahkan oleh otak kanan kita. Hasilnya adalah ternyata dengan menggunakan atau memaksimalkan kerja otak kanan ternyata lebih efektif dan menyenangkan.

Keenam kecerdasan yang dimiliki oleh otak kanan kita adalah :

1. DESAIN

Pada era sekarang, desain harus diciptakan pada sesuatu yang berbentuk barang atau jasa sehingga dapat memiliki nilai estetika, indah, fantastic dan dapat menarik secara emosional dengan tujuan agar dapat diterima oleh masyarakat serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi.Dari hal ini, desain dapat diartikan sebagai kecerdasan pikiran yang merupakan sebuah kombinasi antara utility (kegunaan) dan significance (makna).

Contoh : dalam pembuatan brosur diperlukan sebuah desain yang bagus,fantastis atau yang dapat mempengaruhi jiwa yang melihatnya.

Tips untuk melatih kemampuan desain :

  1. mengembangkan desain lain atau keluar dari pola yang asli pada segala sesuatu yang sering kita lihat sehari-hari (jalan,mobil,lukisan, gambar atau alat-alat rumah tangga).
  2. Menciptakan desain huruf yang lebih mudah dicerna pada plakat atau baliho, sehingga orang-orang yang melihatnya dapat mengerti makna dari tulisan itu.
  3. Mencari barang dengan desain yang buruk dan buatlah gagasan-gagasan yang ekstrem untuk memperbaiki desain tersebut sehingga mampu mengundang emosional orang lain untuk melihat dan menilai desain yang anda buat.
  4. Perbanyak melihat ataupun membaca majalah-majalah desain sehingga kita memiliki konsep-konsep desain yang banyak yang pada akhirnya dapat membuat ide gila tentang desain yang kita ciptakan sendiri.
  5. Membuat desain yang jarang digunakan dan baru pertama kali dilihat oleh orang lain.

2. CERITA

Saat ini kita dapat memberikan argumen dengan cara menceritakannya secara rinci dan tidak membuat argumen tersebut hanya berisikan dan berdasarkan data, informasi serta kenyataan, sehingga argumen tersebut mampu menciptakan suatu drama kisah yang menarik. Penyampaian sesuatu dengan cara bercerita semenarik mungkin akan memiliki kesan tertentu sehingga lebih mudah dipahami, dicerna dan diingat. Cerita menurut pakar adalah suatu peristiwa kognitif yang penting, karena meringkas dalam suatu paket yang padat informasi, pengetahuan, konteks dan emosional.

Contoh : Saat menanamkan nilai kebaikan untuk anak dengan menjelaskan dengan cara bercerita tentang si kancil yang suka mencuri mentimun sehingga dari cerita tersebut anak akan lebih cepat untuk mengingat konsep bahwa mencuri itu tidak baik.

Tips untuk mempertajam kecerdasan cerita :

  1. Buatlah cerita-cerita singkat atau cerita mini dan buatlah cerita tersebut yang pada awal, tengah dan akhir kisahnya dirangkai dengan plot dan sedikit imajinasi anda.
  2. Buatlah komunitas atau grup yang dapat berbagi ataupun bertukar tulisan, gagasan serta dapat membandingkan cerita kita dengan teman-teman yang lain.
  3. Bacalah sebuah artikel ataupun sebuah cerita hanya dari kalimat pembuka dan penutupnya dan buatlah dugaan-dugaan tentang isi dari artikel atau sebuah cerita yang kita baca kemudian bandingkan dengan isi sesungguhnya.
  4. Kumpulkan foto atau gambar dari sebuah majalah dab buatlah makna dari gambar tersebut.
  5. Melihat tanda-tanda dan arti dari gerakan-gerakan orang yang berada disekitar kita serta membuat suatu penafsiran.

3. SIMPONI

Dengan kecerdasan simponi, orang dapat merubah sesuatu yang dianggap biasa menjadi luar biasa dengan menggabungkan beberapa unsur, harmoni, irama yang tertata dan membentuk sebuah karya yang dasyat. SIMPONI adalah suatu kemampuan untuk menggabungkan pecahan-pecahan menajdi satu kesatuan yang berarti dan emmiliki makna.

Contoh : karya pelukis Affandi yang cenderung abstrak namun dapat menggugah secara emosional orang-orang yang melihatnya.

Tips mengelola dan mempertajam kemampuan kecerdasan simponi :

  1. Mempelajari sesuatu dari sebuah buku yang kita baca dan melihat gambar yang tertera didalamnya kemudian rangkailah bagian demi bagian dalam buku tersebut dan mencari hubungannya.
  1. Menggambar.
  2. Buatlah buku catatan tentang kiasan.
  3. Pili salah satu kata yang anda anggap menarik dan kemudian ikuti salh satu hubungannya yang berkaitan dengan topik atau kata yang anda inginkan dan berpetualanglah lebih dalam kedalam topik tadi.
  4. Cari solusi dalam pencarian masalah.

4. EMPATI

Dalam kapasitas untuk berpikir tidak hanya logika saja yang dibutuhkan namun juga harus didasari oleh rasa empati. Empati adalah statu cara dan kemampuan untuk membayangkan diri anda berada dalam posisi orang lain dan memahami dengan intuisi apa yang dirasakan orang lain. Empati juga merupakan statu yang tindakan naluriah yang dilakukan dengan ketidaksengajaan.

Contoh : ketertarikan seorang pria dengan wanita. Perbedaan yang ada dapat menjalin suatu hubungan yang erat karena adanya suatu kemampuan untuk memahami satu sama lain serta memunculkan rasa peduli pula pada orang lain yang ada disekitar mereka.

Tips untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan berempati :

  1. lakukan test terhadap diri anda sendiri dengan menggunakan beberapa cara yakni EQ, Spot the fake smile, dan Mint in the eyes test.
  2. Konsentrasilah dan dengarkan percakapan orang yang berada disekitar anda dan bayangkanlah apabila anda berada di posisi salah satu dari mereka.
  3. Mainkan peran anda sebagai ?kehidupan orang lain?.
  4. Ber-empati pada pekerjaan.

5. PERMAINAN

Hidup ini janganlah selalu diisi dengan hal-hal yang bersifat serius. Serius memang dibutuhkan pada saat-saat tertentu namun serius yang berlebihan juga akan berdampak pada kejiwaan dan berdampak pula pada lingkungan yang bernilai negatif. Adakalanya manusia membutuhkan suatu humor, permainan serta kesenangan, karena ketiga hal tersebut merupakan suatu hal penting dan bermakna dalam sebuah pekerjaan, bisnis dan kesejahteraan pribadi.

– Permainan : khususnya permainan vidio game menjadikan komuditi yang besar dan berpengaruh serta mengajarkan pelajaran-pelajaran yang menggunakan otak secara utuh.

– Humor : seseorang yang sering bercerita dan memasukkan unsur-unsur humor didalamnya maka orang tersebut telah menghidupkan daya imajinasi, simpatik, desain dan juga emosionalnya ke dalam suatu perbuatan yang dapat mengundang refleksionalisasi terhadap kesenangan orang lain.

– Kesenangan : dicontohkan dengan ketawa yang tulus dan lepas mendemostrasikan kekuatan yang akan membuat kita lebih produktif dan puas.

Tips untuk menerangkan tentang kecerdasan ini adalah dengan cara :

  1. tertawalah selagi anda masih bisa tertawa, karena dengan tertawa maka akan mengaktifkan hormon-hormon yang penting dalam tubuh kita dan dalam dengan ketawa juga akan mengurangi beban hidup yang kita tengah kita hadapi yang dapat menimbulkan rasa stress.
  2. Berikan catatan khusus pada suatu kejadian-kejadian aneh yang anda temui dan tukarkan cerita anda tentang kejadian-kejadian tersebut pada teman satu team yang nantinya akan menciptakan suasana yang senang dan tenang.
  3. Mainkanlah game atau jalanilah hobi yang anda sukai sehingga rasa senang anda akan meningkat sejalan dengan anda memainkan game atau menjalankan hobi anda tersebut.
  4. Kunjungilah tempat-tempat yamg mengingatkan anda pada masa kecil anda, sehingga ingatan anda akan masa kecil akan menggugah anda untuk ikut larut pada permainan anak-anak dan dapat membuat anda tersenyum.
  5. Analisis sebuah lelucon
  6. Ciptakanlah karya humor yang dapat memancing orang lain dengan sebuah cerita ataupun gambar.

6. MAKNA

Limpahan materi yang menarik, membebaskan kita untuk mengejar kesenangan yang lebih bermakna untuk hidup kita (memiliki tujuan, transendensi, dan pemenuhan spiritual). Makna sendiri memiliki arti yakni sesuatu yang erat kaitannya dengan spiritual, arti kebahagiaan, dan perjuangan hidup untuk menggapai suatu tujuan serta perasaan yang memiliki suatu arti tertentu. Makna juga dapat berarti penilaian, kesan yang dikeluarkan dari diri kita atau prang lain terhadap suatu tindakan kita atau tindakan orang lain.

Tips untuk meningkatkan atau mengasah kecerdasan ini yakni dengan cara :

  1. sesering mungkin mengucapkan kata terima kasih. Ucapan terima kasih dapat berfungsi meningkatkan kesejahteraan dan memperdalam perasaan seseorang terhadap makna.
  2. Lakukan tes terhadap 20-10 orang. Tes yang dilakukan adalah untuk melihat pada kehidupan seseorang khususnya mengenai pekerjaan dan apakah mereka juga dapat melakukan hal yang rutin dilakukan ketika mereka mendapatkan hadiah.
  1. Buatlah sebuah daftar singkat tentang apakah yang paling penting untuk hidup anda dan buat pula daftar dan waktu tentang perbuatan-perbuatan negatif dan positif kemudian koreksi serta buatlah parameternya.
  2. Persembahkan hasil kerja anda pada orang yang anda kagumi dan sangat penting dalam hidup anda dan dari situ anda dapat mensyukuri hasil kerja anda dan bekerja dengan sungguh-sungguh untuk orang yang kita cintai.
  3. Bayangkan, gambarkan dan renungkan diri anda saat mencapai usai 90 tahun dan anda dapat menilai apakah selama ini anda telah melakukan hal-hal yang bermakna atau tidak.
Oleh : Drs. M. Ghozy, M. SI
Tag:

Satu Respon

  1. author

    Muhartati9 tahun ago

    Jika semua orang mau membaca,memahami yang dibca,mengimplementasikan makna yang dibaca….niscaya anak-anak kita calon penerus bangsa ini tidak tega kita biarkan tumbuh sebagai manusia yang instan tanpa melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kecerdasan masing2 anak yang dibawanya sejak lahir,melalui pembelajaran dg teori2 yang teruji dan melalui proses alami yang tidak sekedar dituntut hasilnya….tp juga dilihat prosesnya….semoga artikel yang bagus ini dibaca banyak org terutama para pendidik…AMIN..

    Balas

Tinggalkan Balasan