Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2011 di Taman Flora Surabaya

img_2756Taman Flora atau Kebun Bibit yang berlokasi di Jl. Manyar Surabaya, hari Minggu, 10 Juli 2011  tampak begitu semarak dengan kehadiran ratusan anak-anak. Mereka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2011 yang diprakarsai oleh BKKKS Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Yayasan BK3S Jawa Timur dan masyarakat peduli kesejahteraan anak dengan mengadakan berbagai lomba untuk anak-anak dengan tema  “Anak Indonesia yang Sehat, Kreatif dan Berakhlak Mulia.”

Peserta kegiatan tersebut diikuti lebih kurang 400 anak-anak dan undangan dari 19 organisasi anak disekitar Kota Surabaya, mereka berpartisipasi dalam lomba-lomba yang diadakan, yakni lomba menghias dan melukis caping, lomba deklamasi, dan berbagai pentas seni. Peserta acara tersebut tidak hanya anak-anak dari Panti Asuhan saja yang larut dalam kegembiraan ini, akan tetapi juga anak-anak dari berbagai Sekolah Luar Biasa (SLB) dan anak jalanan. Antusiasme tak hanya tampak pada para peserta juga para pengunjung Taman Flora. Hal ini dibuktikan dengan ramainya pengunjung yang berkerumun baik di depan stage deklamasi maupun stage pentas seni.

Dari beberapa penampilan karya seni terdapat salah satu penampilan yang cukup membuat bangga saat siswa SLB Karya Mulia membawakan karya seni tari yang memberikan bukti bahwa meski memiliki keterbatasan fisik, tetapi mereka tidak akan pernah terhambat dalam berkreasi khususnya dalam bidang seni.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi menyampaikan, tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif stakeholders serta masyarakat dalam bidang kesehatan, pemenuhan hak-hak anak, pemberian layanan pendidikan, dan gizi serta pencegahan kekerasan pada anak. Beliau juga menyampaikan acara ini akan membantu anak-anak untuk mengekspresikan kemampuan dan kreatifitas mereka dengan seni dan budaya.

Dalam kesempatan yang lain Ketua Panitia Penyelenggara Bapak Drs. Paito menyampaikan bahwa adanya acara ini dapat membantu membuka wawasan masyarakat tentang pentingnya tumbuh kembang anak, dimana anak harus diberikan ruang sebebas-bebasnya untuk berkreasi dan berkembang, agar pada masa dewasanya kelak akan menjadi pribadi yang sehat, kreatif dan berakhlak mulia.

Pada akhir kegiatan ini telah terpilih 20 pemenang untuk seluruh kategori lomba. Masing-masing 10 untuk lomba menghias caping dan lomba deklamasi puisi. Mereka yang menang dalam lomba tersebut akan mendapatkan uang pembinaan dan peralatan sekolah.

Satu Respon

  1. author

    obyek wisata4 tahun ago

    cocok nih untuk alternatif rekreasi keluarga
    thanks infonya sob…

    Balas

Tinggalkan Balasan