Peringatan Hari Sumpah Pemuda Dan Hari Pahlawan 2014

IMG_5029Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda dan Hari PahlawanTahun 2014, BKKKS Prov. Jatim telah menyelenggarakan serangkaian dengan sasaran para generasi muda yang dipusatkan di Kota Surabaya dan Kota Blitar dengan mengambil tema “Pahlawan Inspirasi Para Pemuda Untuk Membangun Indonesia Yang Lebih Baik”.

Rangkaian kegiatan tersebut diawali di Kota Surabaya dengan diadakannya lomba Puisi, lomba vocal, lomba poster dan wisata pahlawan Kota Surabaya. Seluruh acara tersebut dilaksanakan di gedung Yayasan BK3S Jawa timur, Jl. Raya Tenggilis Blok GG No. 10 Surabaya pada tanggal 01 November 2014. Dalam lomba tersebut diambil beberapa peserta terbaik yang akan diikutsertakan dalam wisata kepahlawan Kota Blitar.

Selanjutnya dalam wisata pahlawan Kota Surabaya para peserta diajak mengunjungi Makam Dr. Soetomo, Makam WR. Soepratman, Tempat Kelahiran Ir. Soekarno, Rumah HOS. Tjokroaminoto, Situs Menara Penyobekan Bendera Hotel Majapahit, Makam Bung Tomo, Tugu Pahlawan serta Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.

Peserta dari kegiatan tersebut adalah para siswa dari SMA dan Universitas di Surabaya dengan total peserta kurang lebih 100 orang, selain itu dalam kegiatan ini diikutsertakan para disabilitas, karena mereka juga memiliki hak yang sama dibidang apapun dinegara ini.

Masih dalam rangkaian acara peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan, para generasi muda yang berjumlah 50 orang mengunjungi Kota Blitar dengan mengikuti serangkaian acara yaitu acara tabur bunga di taman makam pahlawan, sarasehan, renungan malam.

Kegiatan di Kota Blitar berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 08 dan 09 November 2014. Dihari pertama tanggal 08 November 2014 para peserta dari Surabaya yang berjumlah 50 orang berkumpul bersama dengan siswa dari Kota Blitar yang berjumlah 150 orang untuk melaksanakan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kota Blitar. Setelah tabur bunga peserta diajak mengunjungi monumen perjuangan PETA. Setelah makan siang peserta diajak untuk mengunjungi Istana Gebang dan mengunjungi Kampung Coklat.

Kegiatan dilanjutkan pada malam hari dengan pelaksanaan seminar bertempat di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Seminar tersebut menghadirkan 3 narasumber yang terdiri dari 2 narasumber dari perwakilan siswa Kota Surabaya dan Kota Blitar serta narasumber ahli dari Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

Setelah pelaksanaan seminar seluruh peserta langsung melaksanakan renungan malam di Makam Proklamator Bung Karno untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Kegiatan renungan malam tersebut berlangsung cukup khidmat dengan diawali doa dan dilanjtkan tabur bunga bersama di Makam Proklamator Bung Karno. Selanjutnya diarea pelataran makam Bung Karno dilaksanakan pembacaan puisi diselingi alunan musik yang membuat para peserta ikut terharu.

Pada keesokan harinya tanggal 09 November 2014, sebelum pulang ke Surabaya para peserta dari Kota Surabaya, berkunjung ke pusat oleh-oleh Blitar yang terletak di depan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, serta diakhiri mengunjungi Candi Penataran. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan