REKREASI BERSAMA LANSIA YANG MENYENANGKAN

Tanggal 18 April 2011 jam 07.00 pagi didepan halaman Yayasan BK3S Jatim sudah agak rame dimana pada waktu itu para nenek-nenek (embah-embah) Home Care lansia Tenggilis Mejoyo akan diajak rekreasi berkeliling Kota Surabaya terus menyeberang ke Madura lewat Jembatan Suramadu yang indah.

Jam 07.00 pagi para lansia sudah datang ada yang dengan pendamping, ada yang diantar oleh cucunya dan keluarganya. Jam 07.30 semua lansia sudah berkumpul bersama dengan pendamping dan Pembina Yayasan BK3S Jatim, mereka kelihatan senang saling bersalaman dan rangkulan antar lansia, mungkin mereka jarang ketemu. Program rekreasi lansia merupakan salah satu program dalam kaitan hari lansia yang jatuh pada bulan Mei yang nanti juga akan diselenggarakan oleh Yayasan BK3S Jatim.

Sangat mengasikkan berpergian dengan para lansia, untuk diketahui kalau dirumah para lansia ini mengeluh rasa sakit, maklum karena mereka memang sudah usia rata-rata 60 tahun keatas bahkan sudah ada yang usia 80 tahun lebih.

Para nenek-nenek (embah-embah) saling beriringan naik ke bis yang diawasi dan dibantu oleh para pendampingnya yang didahului sebelumnya foto bersama. Rekreasi berkeliling Surabaya untuk nostalgia para lansia pada waktu muda, pada saat sekarang kota Surabaya sudah banyak berubah.

Di bis nenek-nenek (embah-embah) ditanya apakah sudah pernah ke Madura, mereka menjawab serentak belum pernah apalagi ke Suramadu, mereka menjawab serentak belum pernah. Kegembiraan para lansia terlihat pada raut muka, senang dan bahagia serta pada umumnya mereka tidak mengantuk, didalam bis ada yang mengumandangkan suaranya dengan mendendangkan Sholawat Nabi, para lansia pada umumnya mengikuti pengajian rutin di RT/RW nya masing-masing, bahkan sejak muda sudah pandai membaca Al Quran, maka pada waktu berdendang mereka tidak canggung mengumandangkan Sholawat Nabi secara jelas dan fasih.

Sepanjang jalan dipandu oleh Pembina Home Care lansia Yayasan BK3S JatimBpk. Drs. Soeroso dan Bpk. Prof. Dr. Ir. Soenarjo memberi penjelasan tentang keadaan dan perubahan – perubahan Kota Surabaya mulai keluar dari halaman Yayasan BK3S Jatim menuju Wonokromo lewat tempat yang bersejarah – Kebun Binatang – Kantor Gubernur – Tunjungan – Blauran – Tugu Pahlawan terus ke kawasan Pelabuhan Tanjung Perak. Perjalanan dilanjutkan lewat Jembatan Merah – Kembang Jepun – Kapasan menuju Jembatan Suramadu.

Pada waktu lewat jembatan Suramadu para lansia berdiri melihat keindahannya pemandangan. Karena lalu lintas di Kota Surabaya ketika itu kebetulan tidak padat maka bus sampai diseberang jembatan lebih awal dari jadwal dan diputuskan untuk menghabiskan waktu dengan tambahan obyek wisata jembatan kebanggaan rakyat Jawa Timur yang membentang diatas Selat Madura.Perjalanan diteruskan ke Bangkalan, jam 11.00 putar kembali dari Bangkalan menuju rumah makan Suramadu dengan menempuh rute yang berbeda untuk makan siang. Didalam bis yang ber AC para nenek-nenek (embah-embah) tidak kedinginan atau masuk angin bahkan tidak ada yang kepingin buang air kecil, layaknya orang tua yang sudah berumur, mereka sehat semua.

Baru sampai di rumah makan para lansia berusaha bergegas turun untuk menuju kamar kecil, para pendamping sibuk untuk membantu lansia dampingannya agar bisa tertib dan teratur.Para lansia kembali lagi menuju pendopo rumah makan yang telah disiapkan makan siang jam 11.30, acara dimulai dibuka oleh Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE, beliau merasa ikut bahagia dalam penyelenggaraan rekreasi bersama ibu-ibu lansia, mudah mudahan Ibu lansia bahagia, senang dan merasa terhibur dengan rekreasi ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama, setelah itu acara diteruskan oleh pendamping Ibu Charles sebagai pembawa acara permainan yang lucu – lucu yaitu tebak-tebakan yang harus dijawab seperti : siapa nama pak RT/RW nya, Bapak Lurah, Bapak Camat, Bapak/Ibu Pembina. Tebak tebakan bukan hanya untuk para lansia juga bagi pendamping.

Para nenek-nenek (embah-embah) ditanya acara rekreasi, mereka minta diadakan lagi juga dijawab secara spontan dan serentak. Mereka tidak ada yang mengeluh sakit, pusing, ngilu, cekat cekot dll. Hasil evaluasi kegiatan rekreasi ini :

1.Rekreasi sangat dibutuhkan bagi para lansia untuk hiburan.

2.Rekreasi merupakan terapi, karena tidak ada keluhan-keluhan seperti dirumah, baik rasa sakit, kesendirian, masalah keluarga dll.

3.Demikian juga permainan-permainan ringan menambah kebugaran bagi semuanya

Walaupun acaranya sederhana tapi dapat membantu tertawa semua, bahkan yang punya rumah makan juga ikut menikmati keceriaan para lansia. Bagi mereka yang bisa menebak/menjawab benar dapat hadiah. Jam 13.00 acara selesai, waktu pulang nenek-nenek (embah-embah) membawa hadiahnya dan makanannya untuk oleh-oleh cucunya.

Jam 13.30 pulang ke Surabaya setelah para lansia mengabadikan kunjungan mereka dengan foto bersama di Rumah Makan Suramadu. Rekreasi yang diselenggarakan oleh Yayasan BK3S Jatim bagi para lansia peserta Home Care lansia dari Kelurahan Tenggilis Mejoyo sampai kepada akhir dan semua pihak yang terlibat menyimpan kenangan manis yang sangat menyenangkan.

Surabaya, awal Mei 2011

Beri rating artikel ini!
Tag:

Tinggalkan Balasan