PERINGATAN HARI LANJUT USIA NASIONAL TAHUN 2011

dsc09818Halaman dan gedung pertemuan BKKKS Jawa Timur di Jl. Raya Tenggilis Blok GG No. 10 Surabaya yang biasanya diramaikan dengan acara pernikahan, pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2011 berubah menjadi lautan para lansia. Berkumpulnya para lansia ini karena pada hari ini BKKKS Jawa Timur menyelenggerakan Peringatan Hari Lansia Nasional Tahun 2011 dengan tema kegiatan ?Pemberdayaan Lanjut Usia Untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Kebahagiaan? dan dilaksanakan berbagai kegiatan diantaranya senam, jalan sehat, pengobatan gratis, pasar murah/bazar dan lomba senam. Meskipun sudah senja, lansia ini tetap semangat mengikuti senam lansia. Dalam kegiatan tersebut peserta lansia berasal dari kelompok/paguyuban/karang werdha dengan jumlah lebih kurang 900 orang dari 43 karang werdha/paguyuban/organisasi lansia di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Seusai gerak jalan para lansia tersebut juga ada yang mengikuti pemeriksaan gratis, pasar murah/bazar dan lomba senam, meski keikutsertaan dalam lomba senam bukan bertujuan utama untuk prestasi, yang pasti kegiatan semacam ini setidak tidaknya memberi semangat kepada para lansia terutama kehidupan dikeluarga dan masyarakat.

Dalam kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2011 yang diselenggarakan BKKKS Propinsi Jawa Timur telah didukung beberapa donatur yaitu PT. Dharma Lautan Utama,PT. Kedawung Subur, PT. Sandai Farma, PT. Tirta Bahagia, Ketua K3S Kota Surabaya, Yayasan Pondok Kasih, IIDI Cabang Surabaya, Chicco Swalayan, PT. Vitapharm, RSUD. DR. Soetomo, Puskesmas Tenggilis Mejoyo, Muspika Tenggilis Mejoyo dan masyarakat peduli lanjut usia.

Melalui agenda tahunan peringatan Hari Lansia Nasional Tahun 2011 dengan bentuk kegiatan seperti diatas, diharapkan timbul suatu tanggapan dari semua pihak, baik Pemerintah, masyarakat serta para lansia itu sendiri sehingga terjadi sinergi dan reaksi berantai yang tiada putus-putusnya untuk menumbuhkan pemahaman yang lebih komprehensif dan utuh, mengembangkan pemikiran kritis dan tindakan konkrit serta keberpihakan kepada usaha peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia. (Redaksi)

Beri rating artikel ini!
Tag:

Tinggalkan Balasan