SARASEHAN MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN

img_5459Gaung perjuangan Angkatan 45 di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat-berbangsa yang semakin kompleks saat ini, memang dirasakan kian meredup. Peringatan untuk mengenang perjuangan mereka yang telah menyerahkan jiwa-raga demi kejayaan bangsa, nyaris tidak lagi menarik minat generasi muda. Generasi penerus bangsa sekarang ini merupakan pelaksana cita-cita pahlawan agar bentuk NKRI tetap utuh dibawah panji Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Nilai-nilaijuang 45 harus memiliki tekad dan semangat dalam diri generasi penerus bangsa, dan bukan gampang terbawa arus yang sudah mulai memasuki sendi-sendi kehidupan generasi muda.

Oleh sebab itu dalam rangka memperingati hari Pahlwan ini, Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Yayasan Badan Kerjasama Kegiatan Kesejahteraan Sosial Jawa Timur telah menyelenggarakan kegiatan sarasehan generasi muda dengan tema “Penanaman Nilai-Nilai Kepedulian Sosial dan Kerelawanan”.

Sarasehan tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 November 2010, bertempat di Gedung Pertemuan Yayasan BKKKS Jatim (Sasana Bhakti Tribuana Tungga Dewi), Jl. Raya Tenggilis Blok GG No. 10 Surabaya, dengan Narasumber DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE, dr Agus Ali Fauzi PGD Pall Med (ECU), Gus H. Hafidh SK. Purnomo dan Hanan Basyarahil (Siswa SMAN 5 Surabaya).

Sarasehan tersebut memiliki maksud dan tujuan Menggali dan memperkenalkan nilai-nilai luhur kepahlawanan, menyebarluaskan nilai-nilai luhur kepahlawanan bagi generasi muda, menumbuhkan semangat cinta tanah air bagi generasi muda, mendorong generasi muda agar berusaha menggunakan sejarah sebagai cermin dalam kehidupan, menumbuhkan sikap positif kepada generasi muda terhadap nilai-nilai kepahlawanan baik secara kognitif maupun afektif dan menumbuhkan sikap dan semangat nasionalisme kepada generasi muda dengan jalan memahami dan meneladani perjuangan para pahlawan.

Peserta sarasehan yang lebih kurang berjumlah 300 orang terdiri dari unsur pelajar SMA/SMK se Jawa Timur, organisasi pemuda dan organisasi sosial tersebut berlangsung penuh antusias, hal ini terbukti dari tempat yang disediakan oleh Panitia penuh tidak satu pun tempat kosong. Harapan dari para peserta agar kegiatan sarasehan ini dapat dilaksanakan setiap tahun karena sangat bermanfaat. (redaksi)

Beri rating artikel ini!
Tag:

Tinggalkan Balasan