SEMINAR “KESIAPAN DALAM MENGHADAPI HARAPAN HIDUP DAN MASA TUA YANG LEBIH PANJANG, SEHAT DAN BAHAGIA

Dalam rangka rangkaian Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2018, BKKKS Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan PT. BPRS. Bhakti Makmur Indah, Bank Jatim, RS. Mata Undaan, Yayasan Dompet Dhuafa Republika, RSUD dr. Sutomo, Dinas Kesehatan Pemkot Surabaya, IIDI Kota Surabaya, STIKES Hang Tuah, PT. Sandai Farma, PT. Vitapharm, Sari Roti, Persit Kartika Candra Kirana PD V Brawijaya, Lotte Mart, Cahaya Dekorasi dan Masyarakat Peduli Kesejahteraan lanjut Usia telah menyelenggarakan kegiatan Seminar bertajuk “Kesiapan dalam Menghadapi Harapan Hidup dan Masa Tua yang Lebih Panjang, Sehat dan Bahagia”.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018 jam 08.00 sampai dengan 12.00 wib di Gedung Sasana Bhakti Tribuana Tungga Dewi Yayasan BK3S Jawa Timur, Jl. Raya Tenggilis GG 10 surabaya. Peserta dalam kegiatan tersebut berjumlah 100 an peserta dari beberapa komunitas, perorangan, organisasi sosial di daerah Surabaya dan sekitarnya.

 

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Ibu Indayati Oetomo (Direktur JRP INternasional) dengan materi “Healthy Long Life” dan Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE (Ketua Umum BKKKS Provinsi Jawa Timur) dengan materi “Thesis Daur Kehidupan dan Usia Harapan Hidup” dan dipandu oleh Moderator Ibu DR. Pinky Saptandari, W. MA.

 

Peserta dari kegiatan tersebut sebagaian besar adalah mereka yang memasuki usia menjelang lanjut usia, peserta dalam kegiatan tersebut cukup antusias mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir dan turut berpartisipasi aktif dengan ikut bertanya kepada para narasumber.

 

Tujuan kegiatan seminar tersebut memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya mereka yang memasuki pra lansia dapat mengetahui bagaimana cara mengembangkan diri secara spesifik, mengembangkan diri secara psikologis, sosial, fisik dan ekonomi sehingga nantinya tidak mengalami penurunan yang sangat drastis. Apabila sudah dipersiapkan sejak dini, diharapkan lansia nantinya terus mengembangkan semua yang sudah dimiliki saat ini.

 

Bapak DR. H. Tjuk Kasturi Sukiadi, SE selaku Narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa “semua anak cucu di didik agar mempunyai hoby dan diharapkan pada waktu lansia ada tempat untuk mencurahkan hoby dan tetap mempunyai kegiatan”.

 

Kegiatan diatas merupakan serangkaian kegiatan Peringatan Hari Lansia (HLUN) Tahun 2018 dan sebelum acara seminar diawali dengan pembukaan pameran koleksi produk lansia yang inspiratif usia 80 – 90 tahun dengan berbagai hasil karya yang ditampilkan antara lain dari  Ibu RA. Soendari Jonosoepoetro dengan hasil karya Wewarah/kata-kata mutiara, Ibu Hj. Wayan Sutiari-Mastoer dengan hasil karya produk daur ulang,  Ibu Thea Susetia Kusumo dengan hasil karya penulis novel, Ibu Moertitie dan Ibu Moerdaningsih dengan hasil karya kerajinan perca dan rajutan/renda, Ibu Dra. K. Djuwito dengan hasil karya lukisan, Ibu Wilhelmina Jacoba Patty dengan hasil karya rajutan.

 

Tag:

Tinggalkan Balasan