PERINGATAN HARI DISABILITAS INTERNASIONAL (HDI) 2012

Halaman dan gedung Yayasan  BK3S Jawa Timur Jl. Raya Tenggilis Blok GG No. 10 Surabaya pada tanggal 08 dan 09 Desember 2012 menjadi ajang berkumpul dan bersilahturahmi  para disabilitas dari seluruh Jawa Timur,  Sebanyak + 2000 peserta hadir dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2012, yang digelar oleh Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Yayasan Badan Kerjasama Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jawa Timur dan masyarakat peduli kesejahteraan Disabilitas.

Pada kegiatan peringatan HDI tahun 2012 ini diramaikan dengan serangkaian kegiatan antara lain  dimulai pada tanggal 08 Desember 2012 mulai pukul 09.00 s/d 12.00  dengan acara  “Seminar Informasi Pendidikan Formal, Vokasional bagi Disabilitas Sekolah dan Disabilitas Pasca Sekolah Serta Tenaga Kerja Disabilitas”. Sasaran dari seminar ini adalah para orang tua disabilitas dengan quota 100 orang, namun dikarenakan menariknya seminar tersebut peserta kegiatan melebihi batas quota dari Panitia. Pada kegiatan seminar tersebut juga terdapat bursa kerja kepada disabilitas misalnya menghadirkan beberapa perusahaan yang bersedia untuk mempekerjakan mereka. Tak hanya itu, juga digelar pameran sekolah yang membuka kelas khusus bagi para disabilitas ini. Selain itu bagi para orang tua yang mengajak anak disabilitas disediakan kids corner yang dipandu oleh relawan dari UNESA dll.

Masih pada tanggal 08 Desember 2012 pada malam hari pada jam 19.00 s/d 22.00 dilanjutkan dengan acara renungan malam disabilitas dengan melibatkan + 500 Disabilitas. Kegiatan tersebut merupakan refleksi dari para DIsabilitas untuk mengaktuliasi diri bahwa mereka tidak berbeda dengan orang lainnya, hal ini dibuktikan dengan adanya tampilan pembacaan puisi dari penyandang tuna rungu wicara dan tuna netra serta tampilan music dari para tuna netra. Kegiatan tersebut juga juga diisi dengan pemberian motivasi kepada para disabilitas agar dapat selalu berbuat dan berdayaguna ditengah keterbatasan.

Setelah kegiatan renungan malam disabilitas para disabilitas dari luar kota maupun dalam kota yang ingin bermalam juga telah disediakan penginapan oleh Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Jawa Timur dengan segala fasilitas.

Pada keesokan harinya puncak peringatan HDI 2012 digelar tanggal 09 Desember 2012. Direncanakan acara dimulai dengan senam SKJ kemudian jalan sehat, namun dikarenakan adanya berkah dengan turunnya hujan, oleh sebab itu dengan berbagai macam pertimbangan akhirnya senam SKJ diadakan didalam gedung dan jalan sehat dialihkan. Akan tetapi walaupun turun hujan tidak mengurangi semangat dari para peserta untuk melakukan serangkaian kegiatan yang lainnya.

Masih dihari itu dengan ditengah guyuran hujan yang mulai mereda, aktifitas kegiatan city touring dari disabilitas dimulai dengan rute keliling Surabaya dengan peserta 200 motor roda tiga. Misi dari kegiatan city touring adalah mengaktualisasi diri disabilitas dengan menunjukkan bahwasannya mereka bisa berbuat dan berkreasi.

Dalam puncak peringatan HDI tersebut juga diadakan lomba hiasan dan keindahan roda tiga serta lomba ketangkasan roda tiga dengan berbagai macam rintangan yang telah disesuaikan.

Meski memiliki keterbatasan secara fisik, namun peserta sangat antusias mengikuti ketangkasan mengendarai sepeda motor. Apalagi,lintasan yang dilalui penuh tantangan, diantaranya tantangan tanjakan dan banyak tikungan.

Ditengah tengah acara tersebut juga dilaksanakan Pemeriksaan kesehatan gratis bagi disabilitas.

Dan Pendaftaran bantuan prothesa, orthese & kursi roda yang dipandu dokter dari Puskesmas Tenggilis Mejoyo dan dokter dari RSDU dr. Soetomo.

Sementara itu yang tak kalah menariknya didalam gedung dilaksanakan tampilan pentas seni dari para disabilitas dengan berbagai macam tampilan seperti reog, cheerleader, menyanyi, pembacaan puisi, menari, pantomime, drama dll. Selain itu juga terdapat stan pameran hasil karya disabilitas, bazaar serta pasar murah dari Sekolah Luar Biasa maupun organisasi Disabilitas yang terdapat didalam gedung tersebut.

Didalam gedung tersebut juga dilaksanakan pengundian hadih dengan berbabagi macam jenis dan diluar gedung dilaksanakan pengundian doorprise.Kegiatan sepeti ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu diselenggarana oleh Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Yayasan Badan Kerjasama Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jawa Timur dan masyarakat peduli kesejahteraan Disabilitas dengan tujuan memberikan seluas luasnya apresiasi diri para disabilitas.

Tag:

Tinggalkan Balasan